Berbincang Sejenak dengan Kepala Laboratorium Robotics dan Multimedia Universitas Almuslim

Hari belum lagi menunjukkan pukul delapan pagi (6/1), kendaraan yang kukendarai meluncur  lancar dari arah Lhokseumawe menuju kampus Umuslim Matangglumpangdua. Tiba-tiba telpon genggamku berdering, ternyata di ujung sana Bapak Teuku Muhammad Johan, M. IT menanyakan apakah dapat pergi bareng bersama kami.

Akhirnya setelah sampai di depan kompleks PT.Arun Ngl.Co di dalam kendaraan kami jadi bertiga; Wakil Rektor IV, saya, dan Bapak Teuku Muhammad Johan, M.IT. Kami berbincang sambil kendaraan terus melaju menuju kampus, bercerita tentang laboratorium Robotics dan Multimedia yang dipimpin beliau.

Beliau mengharapkan bahwa laboratorium tersebut dapat digunakan sebagai tempat penelitian pertanian yang dikaitkan dengan sistem komputerisasi seperti kecerdasan buatan, pengolahan citra, database, dan lain sebagainya. Seperti  yang banyak dilakukan di negeri tirai bambu, begitu banyaknya penelitian berkaitan dengan produktivitas padi diukur dengan support vector machine, atau menganalisa kualitas minyak sawit dengan jaringan syaraf tiruan. Dan dilengkapi juga dengan penelitian tentang animasi dan multimedia yang mengangkat kebudayaan ke tingkat global.

Atau  laboratorium ini juga dapat dikembangkan sebagai sarana penelitian dan bagi  pengembangan pertanian, perkebunan, ataupun kebudayaan lokal yang menjadi produk andalan daerah. Jadi tidak hanya membayangkan bahwa Laboratorium  Robotics dan Multimedia hanya tempat robot-robot yang diciptakan manusia. Akan tetapi dapat memahami bagaimana pengembangan teknologi yang dapat menyederhanakan pekerjaan manusia menjadi lebih praktis dan berdaya guna tinggi.

Akhirnya pukul delapan tiga puluh pagi sampailah kami ke kampus, berpisahlah kami di depan Biro Rektor. Setelah itu saya sempatkan singgah sebentar ke ruangan beliau untuk mengambil foto sekalian melihat acara lomba yang diadakan LDK-Formada kampus Umuslim. (al)