Mahasiswa Soka University of America mengunjungi Universitas Almuslim dan mengenal lebih dekat kawasan wisata Bireuen.

Mahasiswa dan dosen Soka University of America, California selain berkunjung ke kampus Universitas Almuslim (10/1) juga mengadakan perjalanan wisata bersama mahasiswa kampus tersebut. Dari pihak Soka University of America yang diwakili oleh Dr. Shane J.Barter merasa sangat tersanjung dengan penyambutan yang luar biasa, dan penampilan seni yang begitu professional.

Kunjungan ini begitu memberi kesan bagi kedua belah pihak, “Kunjungan ini memberikan pemahaman kepada dunia luar bahwa di Aceh sudah begitu aman dan kondusif” ungkap Drs. Nurdin A.R, M.Si selaku ‘Director of International Office’ Umuslim.

Selain diskusi tentang budaya kedua belah pihak, tamu dari Soka University of America berkunjung juga ke tempat pembuatan garam secara tradisional, dan pembuatan plik U (patarana) yang ada di Jangka. Tak juga lupa mengunjungi ‘Pendopo Bireuen’ yang merupakan saksi sejarah bagaimana Bireuen di dalam kancah perjuangan Republik Indonesia.

Menurut salah seorang pendamping tamu Ratna Walis yang juga merupakan pembawa acara pada pertemuan tersebut, secara keseluruhan mahasiswa Soka University of America memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyambutan yang dilakukan Universitas Almuslim. Dan mereka tidak menyangka bahwa kemampuan Bahasa Inggris dari mahasiswa Almuslim begitu baik, tidak seperti yang mereka bayangkan.

Akhirnya kegiatan diakhiri dengan berkeliling kota juang Bireuen untuk membeli cendera mata, dan tak lupa batu cincin, aksesoris khas Aceh dan kain sarung. Setelah itu ditutup dengan acara makan bersama ‘Sate Matang’ di kawasan Matangglumpangdua.

Pada kesempatan yang sama Rektor Umuslim Bapak Dr.Amiruddin Idris, SE., M.Si berharap; “Pertemuan ini membawa angin segar agar ada pertukaran mahasiswa atau dosen, sehingga mahasiswa Soka University dapat belajar di Umuslim misalnya pada prodi Bahasa Indonesia, sebaliknya juga dapat mengajar Bahasa Inggris, walaupun untuk waktu yang tidak terlalu lama.” (al)