Program Pendampingan Mata Kuliah Agama Fakultas Pertanian Dimentoring Oleh LDK-Formada

Kampus Timur Umuslim Sabtu (14/3) Program Pendampingan Mata Kuliah Agama Fakultas Pertanian Yang dimentoring oleh LDK-Formada dibuka dengan resmi oleh Wakil Rektor I Umuslim Bapak Drs.Marwan Hamid, M.Pd di Mushalla Kampus Timur. Acara pembukaan yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Pertanian Bapak Ir.T.M.Nur, MP, serta para mentoring dari LDK-Formada.

Pihak kampus memberikan kepercayaan kepada LDK untuk mengisi Program Pendampingan Mata Kuliah Agama Fakultas Pertanian. Setiap alumni yang mengikuti mentoring akan diberikan sertifikat yang akan ditanda tangani langsung oleh Rektor Umuslim. Sertifikat ini sangat berguna ketika mereka akan mengikuti sidang meja hijau, dan merupakan salah satu syarat.

Pada kesempatan tersebut Wakil Rektor I mengharapkan kepada para peserta mentoring agar dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh, karena merupakan pencerminan dari Umuslim yang menerapkan motto; Profesional, Unggul dan Islami. 

Sebagai sebuah prestasi baru di Kampus ini, khususnya di Fakultas Pertanian kehadiran mentoring merupakan sebuah titik baru dalam jejak sejarah Umuslim. Kehadirannya memberikan nuansa baru dalam era Kebangkitan Umuslim menuju salah satu mottonya, yaitu Islami. Dalam konteks pendidikan, Umuslim tengah menggalakkan pendidikan berkarakter dalam setiap praktek pendidikan yang berjalan. Mentoring merupakan Pogram Pendampingan mata kuliah Agama (PPA) yang dilaksanakan berupa praktek belajar Al-Qur’an guna mempersiapkan lulusan Umuslim mampu membaca Al-Qur’an, dan juga memperdalam wawasan dan ilmu agama Islam bagi peserta sehingga menguatkan pemahaman keIslaman dan memantapkan akhlakul karimah mahasiswa.  Mentoring telah berjalan selama 2,5 tahun yang diperuntukkan bagi mahasiswa  yang memprogramkan mata kuliah agama. Hal ini, selain ditujukan untuk memberantas buta baca Al-Qur’an juga untuk membentuk karakter mahasiswa  yang Islami. 

Kegiatan mentoring dilaksanakan dalam dua tahap, tahap pertama pada semester satu (ganjil) dengan kegiatan tes baca Al-Qur’an yang dilanjutkan dengan bimbingan baca Al-Qur’an, Tahap kedua pada semester dua (genap), kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan studi keislaman dan praktek ibadah yang setiap kelompok dibimbing oleh seorang mentor yang merupakan pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) LDK Formada dan Alumni LDK formada, yang telah ditraining dan dibekali dengan pengetahuan keagamaan.

Pada semester dua kegiatan difokuskan kepada mengkaji ilmu Islam yang terkait dengan aqidah, sirah, syar’iah, dan fiqh. Ilmu ini sesuai dengan modul yang dipegang oleh para mentor yang dalam kesempatan ini telah direvisi.  Selama satu semester, kegiatan mentoring tidak hanya dilakukan dalam bentuk mengkaji ilmu Islam secara kelompok, tetapi juga diselingi dengan praktek ibadah, outbond, dan kajian umum. Sama halnya dengan mentoring semester satu, mentoring semester dua juga dilakukan evaluasi sebanyak dua kali yaitu UTS (Ujian Tengah Semester) dan Final diakhir semester. Sebagai pembuka kegiatan mentoring dua semester ini, akan dilaksanakan kajian umum yang bertemakan “Kejayaan Islam di Tangan Pemuda” (al)