Acara Pembekalan Mahasiswa KKM dan Pelantikan Pengurus Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan

Kampus Umuslim, Jum’at (24/4) bertempat di Aula MA Jangka  Universitas Almuslim Bireuen,  Bidang Pengendalian Penduduk Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh telah mengadakan acara Pelantikan Koalisi Kependudukan di Kabupaten Bireuen oleh DR. Saiful Mahdi, M.Sc. Sementara sebelum acara pelantikan diadakan  Pembekalan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) kepada 1.135 mahasiswa Universitas Almuslim Bireuen yang dilaksanakan di Aula Academic Centre Ampon Chiek Peusangan. Pembekalan KKM disampaikan oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh Bapak Drs. M. Natsir Ilyas, M. Hum dengan materi “ Mengapa Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga itu diperlukan ?” dan Ketua Koalisi Kependudukan Aceh bapak DR. Saiful Mahdi, M.Sc dengan materi “ Membangun Desa : Masa Depan Aceh dari Perspektif Kependudukan”.

Acara yang dimulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00, mahasiswa begitu  antusias mengikuti acara pembekalan ini, pada sesi tanya jawab pihak BKKBN Prov. Aceh memberikan doorprize berupa voucher pulsa. Pada pukul 14.30 acara dilanjutkan dengan pelantikan pengurus Koalisi Indonesia untuk Pembangunan dan Kependudukan Kabupaten Bireuen periode 2015-2018 atau Koalisi Kependudukan (KK) oleh Ketua KK Aceh. Kepengurusan Koalisi Kependudukan merupakan yang kedua setelah Kota Lhokseumawe. Terpilih sebagai Ketua KK Bireuen Bapak Sonny Muhammad Ikhsan Mangkuwinata, SE, M. Si dan beliau menjabat sebagai Dekan Fakultas Ekonomi Umuslim Bireuen.

Kepengurusan KK Bireuen dalam SK lebih banyak terdiri dari para akademisi di perguruan tinggi swasta Kab. Bireuen serta didukung oleh personal dari beberapa  instansi ataupun sektor terkait. Turut memberikan sambutan pada acara pelantikan Ketua KK Aceh, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, Wakil Bupati Kab. Bireuen dan Rektor Umuslim Bireuen. Bapak Wakil Bupati dan Rektor menyambut baik dengan adanya pelantikan KK di Kab. Bireuen.

Dalam sambutannya Wakil Bupati menyampaikan bahwa dengan terbentuknya kepengurusan ini, diharapkan dapat membantu pemerintah Kab. Bireuen dalam mengatasi berbagai masalah kependudukan dan tindakan bersama untuk menghasilkan kebijakan yang berguna bagi pengambil keputusan.

Rektor juga turut menyampaikan bagaimana kebahagiannya bisa menyatukan para akademisi dan para birokrasi dari lintas sektor dan dinas terkait dalam wadah KK, karena bisa menyatukan satu pemikiran dan berkontribusi didalam memajukan program kependudukan di kabupaten Bireuen.

Ketua KK Aceh dalam sambutannya mengajak semua masyarakat untuk kembali menggalakkan mengkonsumsi sayur dan peningkatan gizi demi mewujudkan generasi yang cerdas dan berkualitas ke depannya. Selamat untuk kepengurusan KK Kab. Bireuen semoga bisa memajukan program kependudukan di Bireuen. (al-bkkbn)