Pelatihan Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan Diadakan di Umuslim

Kampus Ampon Chiek Peusangan – Senin (27/7) Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementrian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat, Balai Pembinaan Konstruksi Wilayah I Banda Aceh bekerjasama dengan Universitas Almuslim mengadakan ‘Pelatihan Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan’ yang akan berlangsung sejak tanggal 27 Juli 2015 s/d 1 Agustus 2015, yang diikuti 30 orang peserta.

“Pelatihan ini diharapkan akan mampu memberikan peluang kepada alumni Teknik Sipil dan para praktisi di bidangnya untuk meningkatkan kemampuan serta memiliki ‘Sertifikat Kompetensi Teknik”, demikian ungkap Dekan Fakultas Teknik Umuslim Bapak H.Ismail Ramli, ST., MT.

“Kami berharap seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh, karena dengan demikian insya Allah dapat memperoleh Sertifikat Kompetensi yang diperoleh memang melalui pelatihan yang benar-benar serius”, demikian harap Rektor Umuslim Bapak Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si.

Undang-undang Jasa Konstruksi no 18 tahun 1999 menyebutkan bahwa setiap tenaga kerja yang melaksanakan pekerjaan keteknikan dan bekerja pada pelaksanaan kontruksi harus memiliki sertifikat keterampilan dan keahlian kerja, sebagai bentuk pengakuan dan legalitasi kompetensi bidang kontruksi.

Deklarasi Cebu pada tanggal 13 bulan Januari tahun 2007 di Filipina tentang Percepatan Pembentukan Komunitas ASEAN pada tahun 2015. Para pemimpin sepakat untuk mempercepat  pembentukan Komunitas Ekonomi ASEAN pada tahun 2015 dan untuk mengubah ASEAN menjadi daerah dengan perdagangan bebas barang, jasa, investasi, tenaga kerja terampil, dan aliran modal yang lebih bebas.

Berdasarkan hal tersebut, maka Sertifikasi keahlian dalam perkerjaan konstruksi menjadi wajib bagi seluruh pelaku pekerjaan konstruksi. Tanggung jawab hal ini tidak hanya pemerintah tetapi juga instansi pendidikan yang menghasilkan alumni dalam pekerjaan konstruksi.

Oleh Karena itu, berdasarkan Focus Discussion Group pada tanggal 20 November 2014 di Banda Aceh yang dilaksanakan oleh Balai Pembinaan Konstruksi Wilayah I Banda Aceh Kementerian Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat disepakati adanya Pelatihan Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan di Universitas Almuslim.
   
“Kegiatan ini bertujuan untuk mensertifikasi alumni konstruksi Universitas Almuslim dalam pekerjaan jalan sebagai upaya menciptakan sumber daya manusia konstruksi yang kompeten”, menurut Bu Cut Azizah, MT selaku Kabag Perencanaan dan Pembangunan Umuslim.

Acara yang diadakan di Kampus Ampon Chiek Peusangan Universitas Almuslim berlangsung dengan suasana penuh kekeluargaan, di samping mengikuti pelatihan para peserta dapat memperkuat hubungan silaturahmi dengan civitas akademika yang telah mereka tinggalkan.(al)