Mari Kita Terapkan Profesionalisme

Kampus Induk, Senin (3/8) Apel Pagi Senin Pertama di awal Bulan bertindak sebagai Inspektur Apel Bapak Ir. T.M.Nur, M.Si selaku Dekan Fakultas Pertanian Umuslim. Apel yang diikuti seluruh Pimpinan, Dosen, serta staf yang dilaksanakan di Kampus Induk Umuslim.

Dalam amanatnya beliau menekankan bagaimana kita dapat menerapkan ‘excelence service’ baik untuk internal maupun eksternal. Sehingga kita bertindak lebih profesional dalam melayani baik kepada mahasiswa, staf, dan seluruh civitas akademika. Begitu juga pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan kita di lingkup Universitas.

Menerapkan akhlakul karimah sangat dibutuhkan untuk kita dapat bertindak profesional, sehingga kita tidak membedakan siapa mereka baik yang berkedudukan tinggi ataupun orang biasa.

Salah satu aspek paling penting dari profesionalisme adalah ‘expert’ yaitu berbuat dan bertindaklah sesuai dengan bidang keahlian karena profesionalisme bukan hanya sekedar kata-kata, profesionalisme harus ditunjukkan dalam tindakan.  Beperilakulah dalam perilaku yang menunjukkan kelebihan Anda di profesi Anda. Seperti memikirkan apakah tindakan Anda dapat merugikan lembaga atau organisasi, tidak berperilaku kasar baik terhadap siapapun, rekan kerja atau hal-hal lainnya.

Terlebih, inti dari poin ini adalah jangan berikan komitmen yang tidak dapat Anda tepati. Ketahuilah bahwa semua perkataan yang Anda keluarkan adalah janji yang harus Anda tepati.

Pada akhirnya Ir. T.M.Nur, M.Si menitipkan pesan Rektor agar semua elemen di Umuslim agar bertindak cerdas, sebelum meninggalkan ruang kerja mematikan lampu, komputer ataupun peralatan listrik lainnya sehingga menciptakan effesiensi dan penghematan yang tertata. (al)