Kunjungan Perdana Danrem 011/Lilawangsa ke Umuslim.

AAC Ampon Chiek Peusangan Matangglumpangdua Bireuen, Sabtu (22/8) kunjungan Danrem 011/LW Kolonel Inf Dedy Agus Purwanto, SH  dalam rangka silaturahmi dan pemberian bibit kurma sebanyak 2500 biji kurma  Ajwa (kurma nabi), dimana biji kurma tersebut diambil oleh DR.Hilmi A.Bakar dari perkebunan Wakaf Saidina Uthman di Madinah.

Pada kesempatan tersebut Danrem yang baru beberapa minggu  bertugas di Aceh, mengatakan bahwa, kepedulian pihaknya terhadap bidang pertanian merupakan suatu perintah negara selain tugas utama untuk menjaga kedaulatan negara dan berperang, sekarang TNI khususnya Angkatan Darat diberikan tugas tambahan untuk menjaga ketahanan pangan.

Oleh sebab itu, jajaran TNI sekarang terus berupaya untuk berbuat sesuatu khususnya bidang pangan dalam rangka untuk bisa membantu dan mensejahterakan masyarakat.

Danrem mengharapkan bahwa Umuslim yang mempunyai SDM di bidang pertanian nanti dapat membantu pelatihan Babinsa dari TNI di bidang pertanian, agar Babinsa mempunyai ilmu dan keahlian di bidang pertanian dan dapat dengan mudah  membantu masyarakat dalam kapasitas sebagai pelaksana program ketahanan pangan.

Rektor Umuslim Dr. H. Amiruddin Idris, SE.,MSi mengucapkan terimakasih atas kepedulian Danrem 011/LW terhadap Umuslim dan menyambut baik atas ajakan kerjasama. Menurut Rektor bibit kurma tersebut akan ditanam di lahan percobaan pertanian Umuslim  di Kecamatan Peusangan Selatan, untuk tahap pertama akan dijadikan pilot project seluas 10 ha.

Varietas kurma yang akan dikembangkan ini berasal dari perkebunan wakaf di Madinah, kemudian dilakukan radiasi nuklir di Agensi Nuklear Malaysia dengan menggunankan sinar Gamma yang akan dilakukan Jaswar, dosen dan Peneliti Umuslim yang sedang menempuh kuliah S3 di Malaysia. Hasil pengembangan tersebutlah yang akan ditanam di Aceh. 

Selanjutnya Danrem berharap lima tahun mendatang insya Allah akan kita lihat perpaduan agrowisata yang akan terwujud sudah barang tentu dipelopori oleh Umuslim, sehingga masyarakat dapat mencicipi kurma Aceh sambil berwisata. (al)