Lomba Bercerita Bagi Siswa-Siswi SD dan MI Tingkat Provinsi Aceh

Bireuen, Senin (24/8) Badan Arsip dan Perpustakaan Aceh  menyelenggarakan Lomba Bercerita bagi siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI), Negeri dan Swasta Tingkat Provinsi, Story Telling, Road Show dan Pameran Buku,  yang akan di gelar 23-26 Agustus 2015 di Pendopo Bupati Bireuen, Jl. Hamzah Bendahara No. 1 Bireuen. Acara yang dibuka langsung oleh Wakil Gubernur Tgk. H. Muzakkir Manaf, dihadiri Bupati Bireuen, jajaran muspida, perwakilan Universitas dan Perguruan Tinggi acara yang berlangsung  sejak Minggu (23/8) sampai dengan Rabu (26/8).

Dari Universitas Almuslim tampak hadir Wakil Rektor IV Dr. Sujiman A.Musa, MA, T. Cut Mahmud Aziz, S.Fil., MA dari LPPM, Drs.Iswadi Idris, M.Hum dari Prodi Bahasa Inggris , mahasiswa serta utusan Humas .

Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Drs. Anas M Adam, MPd, memuji kesungguhan Bupati Bireuen dalam meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten itu, sehingga Arpus Aceh mendapat kerja sama yang cukup baik untuk melaksanakan even bercerita tingkat SD/MI se-Aceh di Kabupaten tersebut.

Lomba Bercerita Tingkat SD Se-Aceh itu bertema “Menumbuhkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya membangun pendidikan karakter serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa”.

“Melalui gerakan minat baca mari kita tumbuhkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya Aceh dan Dinul Islam menuju masyarakat Aceh yang cerdas dan mandiri”, sebut Anas.

Lomba bercerita ini  diikuti siswa SD/MI dari 23 kab /kota se-Aceh dan Pemenang lomba bercerita tingkat provinsi ini akan diikutkan pada kejuaraan/lomba tingkat nasional pada bulan oktober 2015 nanti.

Sedangkan, Story Telling diikuti oleh 300 siswa TK se Bireuen berisikan kegiatan bercerita oleh pendongeng  untuk memotivasi anak-anak untuk membaca, untuk kegiatan ini dilaksanakan di aula PKK  pendopo Bireuen.

Sementara Road Show adalah kegiatan yang berisikan talk show para tokoh dan budayawan dengan peserta sejumlah 300 siswa SMU se-Bireuen, kegiatan ini akan dipusatkan di aula pendopo pada hari ketiga  Rabu (26/8).

Untuk pameran buku akan dihadiri oleh beberapa penerbit lokal dan nasional disertai dengan stan pameran dengan tempat berada di halaman pendopo Bupati Bireuen, ujarnya.

Anas menjelaskan, sebenarnya kegemaran membaca lebih mudah ditanamkan pada anak-anak usia dini, makanya kita perlu mengoptimalkan seluruh potensi sumber daya perpustakaan yang ada di perpustakaan sekolah, keberhasilan gerakan membaca akan dapat dicapai secara Nasional, dengan melibatkan peran serta semua komponen bangsa, baik di Tingkat Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/Kota, simpulnya.

Menurut Anas langkah penting yang harus dilakukan pemerintah antaranya adalah Mengembangkan Perpustakaan Kecamatan dan Perpustakaan Desa supaya akses masyarakat ke perpustakaan menjadi lebih dekat.

“Kita harus meningkatkan minat membaca anak-anak dan generasi muda kita agar dapat menambah ilmu pengetahuan lebih luas,” ungkap Wakil Gubernur. (al)