Pameran Alat Utama Sistem Persenjataaan (Alutsista) TNI AD Dan Kuliah Wawasan Kebangsaan Di Umuslim.

Kampus Ampon Chiek Peusangan, Senin (31/8) Pameran Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) TNI AD, Kuliah Wawasan Kebangsaan di Umuslim dan Kegiatan Donor Darah diadakan dalam suasana Moska Umuslim 2015-2016. Kegiatan ini atas kerjasama Umuslim dengan Kodim 0111/Bireuen yang pada dasarnya memberikan wawasan kebangsaan kepada mahasiswa baru. Salah satu prinsip dasar yang diletakkan adalah prinsip negara kesatuan yang bersifat integralistik dengan menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa.

Negara Indonesia yang dikelola dengan jumlah penduduk yang cukup besar, yang terdiri dari berbagai suku, bahasa, agama, adat istiadat dan kondisi obyektif ini pada satu sisi mengandung kekuatan tetapi pada sisi lain mengandung kelemahan.

Ia mengandung kekuatan bila perbedaan dari keanekaragaman dapat hidup bersama. Sistem kenegaraan dan sistem pemerintahan yang ingin dikembangkan adalah sistem pemerintahan yang bersifat demokratis dan desentralistis dalam negara kesatuan yang utuh dan menyeluruh yang menghendaki adanya pemerintahan pusat yang kuat dan berwibawa untuk menjamin terpeliharanya stabilitas nasional dan kesatuan bangsa sedangkan prinsip desentralisasi menghendaki adanya pemerintahan daerah yang semakin dewasa, mandiri dan demokratis.

Mahasiswa begitu antusias dalam mengikuti kuliah umum ‘Wawasan Kebangsaan’, di samping begitu tertarik dengan pameran ‘Alutsista’ yang digelar di kampus Ampon Chiek Peusangan. Kegiatan untuk sosial dan kemanusiaan antara Kodim 0111/Bireuen, PMI Bireuen dan UKM-KSR-PMI yaitu donor darah yang terbuka untuk umum.

Pameran ini selain dihadiri oleh mahasiswa dihadiri juga oleh para pelajar yang dikordinir oleh guru mereka masing-masing. Tampak hadir pada kegiatan tersebut Rektor Umuslim Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si, Wakil Rektor III Umuslim Ir. Saiful Huri, M.si, Ka. Biro Umum Chairul Bariah, SE., MM, Kabag Kemahasiswaan Said Fajri, SH dan Kabag Humas Zulkifli, M.Kom. (al)