DOSEN UMUSLIM MENJADI KHATIB SHALAT JUMAT DI KBRI DI NEW DELHI

New Delhi-India, Jum’at (4/9) Secara rutin setiap Jumat Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di New Delhi melaksanakan shalat Jumat di Mushola KBRI yang terletak di bawah Kantor Atase Pendidikan KBRI. Dalam pelaksanaan Shalat Jumat (4/9)  pihak takmir mushola mendaulat Dosen Umuslim, Drs. Nurdin Abdul Rahman, M.Si menjadi khatib, sedangkan yang menjadi imam Shalat Jumat adalah Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof. Mudjia Rahardjo. Kehadiran kedua intelektual ini di New Delhi dalam rangka menjadi pemateri di Konferensi Internasional di Jawarhalal Nehru University (JNU), New Delhi.

Yang hadir dalam shalat Jumat adalah dari kalangan diplomatik Indonesia dan Malaysia, mulai dari Duta Besar, atase, counselor hingga staf lokal serta para mahasiswa yang kuliah di New Delhi. Kebetulan pada Jumat ini hadir beberapa dosen dari beberapa universitas di Indonesia dalam rangka mengikuti Konferensi Internasional di JNU.

Drs. Nurdin Abdul Rahman menyampaikan khutbah Jumat dengan bahasa yang sederhana dengan pesan-pesan yang begitu menyentuh. Beliau menekankan pentingnya umat Islam bersatu dan secara terus menerus meningkatkan Ukhuwah Islamiyah atau persaudaraan Islam sebagai salah satu aspek dalam menguatkan ikatan persaudaraan antarsesama umat Islam. Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (Al-Hujurat: 10).

Sebagai pengikut Sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam manusia harus bersih dari syirik, karena syirik akan menyebabkan manusia kekal di dalam neraka. Allah SWT berfirman dalam QS. Al-An’aam: 82 yang artinya,”Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuri iman mereka dengan kezaliman/syirik, mereka itulah orang-orang yang diberikan keamanan dan mereka itulah orang-orang yang diberi petunjuk”.

Demikian berita yang dilaporkan dari New Delhi-India oleh Teuku Cut Mahmud Aziz, S.Fil., M.A (Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat  Umuslim). (al)