DUA MAHASISWA PRODI ADMINISTRASI NIAGA UMUSLIM AKAN MENJADI PEMATERI KONFERENSI INTERNASIONAL

Kampus Ampon Chiek Peusangan,Sabtu siang (3/10) dua mahasiswa Unit B Prodi Administrasi Niaga FISIP Umuslim, yaitu Voni Maryulita dan Murhadi melakukan konsultasi dan bimbingan penulisan makalah dengan dosen dalam rangka persiapan menjadi pemateri Konferensi Internasional “Science, Technology, and Society” di Umuslim pada 7-8 November 2015. Yang luar biasanya, kedua mahasiswa ini masih semester 1, artinya mereka baru lulus SMA. Voni Maryulita Alumnus SMA Negeri 16 Bandung dan Murhadi adalah Alumnus SMA Negeri 1 Bireuen.

Keinginan mereka untuk menjadi pemateri setelah mendengar pemaparan singkat dosen ketika mengikuti kuliah Pengantar Ilmu Sosiologi yang mengawali dengan menginformasikan tentang perhelatan besar yang akan diselenggarakan oleh Umuslim. Setelah kuliah, Voni dan Murhadi mendatangi dosen dan menyatakan ketertarikan dan keinginannya menjadi pembicara. Katanya, ini sebuah tantangan dan untuk dapat pengalaman. Mendengar keinginan mereka, awalnya dosen masih ragu karena mereka masih semester 1 sedangkan konferensi yang status kelasnya di atas seminar umumnya diikuti oleh banyak pemateri dari berbagai kampus dan negara yang umumnya minimal berpendidikan S2.

Sedangkan kedua mahasiswa ini masih S1 dan semester 1. Voni menyatakan siap untuk presentasi dalam bahasa Inggris sedangkan Murhadi dalam bahasa Indonesia. Namun demikian, semangat dan keinginan kedua mahasiswa ini patut untuk diapresiasi, didukung, dan dibimbing. Akhirnya kedua mahasiswa ini dibimbing untuk penulisan makalah dengan terlebih dahulu diskusi untuk membuka wawasan mereka tentang dunia penelitian seperti apa itu observasi, permasalahan penelitian, rumusan masalah, tujuan penelitian, pembahasan, dan kesimpulan.
   
Keikutsertaan Voni dan Murhadi memperlihatkan bahwa Umuslim memiliki benih-benih intelektual hebat yang bila diasah dan dibimbing secara kontiniu dan penuh kesabaran maka akan menjadi intelektual-intelektual handal kebanggaan Aceh. Voni akan meneliti tentang fenomena perceraian sedangkan Murhadi akan meneliti tentang bisnis walet. Kedua penelitian ini akan dikaji dengan pendekatan teori sosial. Selamat meneliti dan semoga sukses! (al).