Harapan Geuchik Gampong Jangka Keutapang terhadap Program PHBD dan Universitas Almuslim

Jangka Keutapang – Peusangan, Sabtu (17/10) Gampong Jangka Keutapang yang terletak di Kecamatan Jangka merupakan lokasi pelaksanaan Program Hibah Bina Desa (PHBD) 2015 BEM Fikom Umuslim. Desa ini terkenal sebagai penghasil ikan bandeng dan plik u. Plik u merupakan bumbu masakan khas yang paling populer dan terkenal di Aceh.

Mahasiswa Fikom yang tergabung pada program PHBD, Muhammad Ridhani dan Muhajir menyempatkan waktu silaturahmi ke Gampong Jangka Keutapang. Bertemu Pak Geuchik, mereka duduk di pondok di halaman depan rumah Pak Geuchik. Pak Geuchik, yang bernama Azmi Abdullah terlihat begitu senang dengan kehadiran mahasiswa dan di tengah obrolan ia menyampaikan harapan pada kegiatan PHBD di desanya.

Pak Geuchik menyampaikan terima kasih karena telah memilih desanya untuk dijadikan lokasi kegiatan pengabdian masyarakat. Masyarakat begitu senang terutama Ibu-ibu PKK dengan kehadiran mahasiswa. Karena datang membawa konsep dan program pemberdayaan masyarakat dalam bentuk kegiatan mengolah ikan bandeng menjadi abon ikan. Masyarakat menyadari bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kegiatan ekonomi dan peningkatan taraf hidup mereka. Ibu-ibu PKK bertambah wawasan. Ketika panen ikan, ikan bandeng tidak mesti langsung dijual dalam keadaan mentah tapi dapat diolah menjadi abon ikan sehingga nilai jualnya akan lebih mahal. Akan lebih murah harganya bila menjual langsung ikan mentah.

Pak Geuchik juga berharap semoga Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Bungoeng Keuparu yang telah terbentuk dapat berkembang dan dapat menjadi wadah kegiatan ekonomi Ibu-ibu PKK dan masyarakat. Beliau mengungkapkan bila program ini selesai, masyarakat jangan langsung ditinggalkan. “Jenguklah dan dampingilah kami!. Kami berharap Universitas Almuslim dapat melibatkan lebih banyak lagi mahasiswa dan dosen untuk kegiatan-kegiatan pengabdian di tempat kami. Kami sangat membutuhkan pendampingan,“ demikian harapan dan ungkapan tulus beliau. Di samping itu, beliau menngatakan,” Kami masyarakat berdoa dan berharap, program ini tidak sia-sia sehingga dapat berhasil dan menjadi contoh bagi gampong yang lain”.

Mewakili BEM Fikom, Muhammad Ridhani dan Muhajir menyampaikan terima kasih atas sambutan yang begitu hangat dari masyarakat. Dalam berbagai kegiatan yang dilakukan, masyarakat begitu antusias. Mahasiswa sangat senang dan bersemangat. Kita semua berharap, semoga kegiatan ini berhasil, dan akan berdampak pada peningkatan ekonomi dan kemandirian masyarakat. (al, dani, muhajir)