Prof. Gloria Shiela E. Coyota dari Mindano State University-Iligan Institute of Technology College of Nursing , Pilipphines Menjadi Keynote Speaker Favorit Peserta

AAC Ampon Chiek Peusangan – Minggu (8/11)  Dengan judul makalah;” Prevailing Problems Of Exclusive Breastfeeding: Implications For Interventional Roles Of Health Profesionals In Breastfeeding” dengan arti”Permasalahan Menyusui Eksklusif: Implikasi Untuk Peran Intervensi Kalangan Praktisi Kesehatan  Dalam Masalah  Menyusui.” Ternyata topik ini begitu diminati peserta konfrensi apalagi penyampaian yang begitu dinamis. Sehingga interaksi antara keynote speaker dengan audience begitu menghidupkan suasana.

Gloria memaparkan bagaimana salah penafsiran dari pengertian  menyusui exlusive dari usia 0-6 bulan, padahal dalam pengertiannya tidak ada tambahan makanan lain selain ASI.

Apalagi tingkat kematian ibu dan anak begitu sangat tinggi disebabkan usia perkawinan yang terlalu dini, dan menjawab pertanyaan peserta bagaimana cara penanggulangannya , beliau menjawab dengan tegas tunda dulu kehamilan sehingga kesiapan psikologis dan fisik dapat mendukung kehamilan yang baik.

Para peserta konfrensi begitu terpukau dan antusias atas paparan Gloria, sehingga pertanyaan terpaksa dibatasi karena sudah melampaui durasi acara yang diberikan. Tapi dengan bijaksana Gloria menyarankan pertanyaan tertulis disertai alamat email, sehingga beliau dapat menjawab pertanyaan yang tak tertampung.

Di akhir acara panitia mengumumkan keynote speaker  favorit pilihan peserta jatuh pada Prof. Gloria Shiela E. Coyota , dan dengan tersenyum manis beliau kembali ke panggung acara.

Konfrensi Internasional yang diadakan di Universitas Almuslim ini mendapat apresiasi yang begitu menggembirakan baik dari peserta dalam maupun luar negeri. Besar harapan dari  civitas academika Universitas Almuslim agar peserta yang hadir kali ini akan hadir lagi di konfrensi Internasional yang akan datang, semoga… (al)