The 1st Almuslim International Confrence on Science, Technology and Society berlangsung sukses di Umuslim.

Matanggeulumpangdua – Ahad (8/11) Pelaksanaan Konferensi Internasional yang yang berlangsung selama dua hari (7-8/11) di Kampus Ampon Chiek Peusangan Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen, berlangsung begitu menggembirakan dan sukses. Kesuksesan yang menggambarkan kerja keras dan kebersamaan yang begitu solid antara panitia serta sivitas akademika Umuslim. Keberhasilan ini merupakan kado terindah bagi masyarakat Bireuen khususnya dan masyarakat Aceh secara keseluruhan. Pujian dan acungan jempol dari berbagai pihak mudah-mudahan menjadi pemicu untuk lebih meningkatkan kinerja serta kualitas bagi sivitas akademika Umuslim.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan yang hadir mewakili Menteri Ristek Dikti Dr.Ir.Paristiyanti Nurwardani, MP, dalam pidato pembukaan konfrensi menyampaiakan rasa kagum pada kampus Umuslim, walaupun kampusnya berada di kampung tetapi mempunyai semangat perkembangan untuk kemajuan pendidikan  bahkan dapat melaksanakan  konferensi tingkat internasional, dan hal ini jarang dapat dilakukan oleh PTS , tetapi Umuslim yang berada jauh dari kota besar telah mampu melaksanakan dengan sukses. Kita akan dorong terus agar kampus ini bisa go internasional.

Kemudian salah seorang keynote speaker Dr. Gregory Vanderbilt dari University of California Los Angeles/UCLA, USA juga menyampaikan rasa kagum dan menilai pelaksanaan konferensi internasional berlangsung sukses.

“Saya sudah mengikuti beberapa konfrensi Internasional di beberapa perguruan tinggi di Pulau Jawa, yang saya amati pelaksanaan yang diadakan di Universitas Almuslim benar-benar sukses. Apalagi jika kita lihat bahwa pelaksanaan ini untuk pertama kali dilakukan. Ini sesuatu yang luar biasa, jika Universitas Almuslim mengadakan konfrensi lagi dan saya diundang, saya tidak akan pernah menolak”, demikian ungkap Gregory.

Dr.rer.nat.Maria Goretti Marianti Purwanto, yang merupakan pemakalah kelas paralel yang datang jauh-jauh dari Surabaya sangat memberikan apresiasi yang tinggi kepada Umuslim atas pelaksanaan konfrensi ini. “Saya memberikan penilaian dua jempol untuk pelaksanaan konfrensi Internasional yang diadakan di Umuslim, mudah-mudahan Umuslim menjadi PTS terbaik di Indonesia dan dapat ‘go International’, dan selama berada di sini saya merasa nyaman atas pelayanan dan sambutan sivitas akademika Umuslim dan merasa bagaikan di rumah sendiri”, ungkap Maria yang merupakan dosen Universitas Surabaya dan alumni Jerman.

Pada kesempatan di sela-sela acara penutupan Rektor Umuslim Dr.H.Amiruddin Idris,SE,.MSi; “Saya merasa terharu dan mengucapkan terimakasih atas suksesnya konferensi internasional yang baru pertama sekali  dilaksanakan, walaupun secara umum acara ini sukses, namun masih banyak kekurangan, mudah-mudahan segala kekurangan ini dapat kami evaluasi demi pelaksanaan yang lebih baik di masa mendatang. Terima kasih kepada semua pihak terutama Kopertis Wilayah-XIII atas support yang begitu besar, panitia yang bekerja keras walaupun mempersiapkan hanya dalam waktu dua bulan, sekali lagi terima kasih.” (al)