Festival Kebudayaan Universitas Almuslim Buktikan Mahasiswa Masih Peduli Dengan Identitas Bangsa

Kampus Umuslim, Rabu (2/12) Festival Kebudayaan Universitas Almuslim 2015 digelar di kampus Umuslim acara ini akan berlangsung selama empat hari (2 s/d 5/12).

Pemerintah Mahasiswa (PEMA) sebagai  penggagas dan pelaksana  festival yang  pertama sekali  diadakan di Umuslim. “Acara ini diisi dengan lomba menulis opini, seumapa, aneka permainan tradisional seperti bola sarung, tarik tambang, lari batok, menganyam reungkang, cakceng, galahsin dan congklak,” Jelas Fauzan Ketua Panitia.

“Semoga acara ini dapat lebih membangkitkan kreativitas mahasiswa. Terima kasih sebesar besarnya kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi atas kesuksesannya acara ini,” ujar Hidayatullah Presiden Mahasiswa Umuslim

Acara dibuka dengan resmi oleh Rektor Umuslim yang diwakili oleh Warek III Umuslim yang juga berharap agar acara seperti ini dapat diselenggarakan secara rutin dan berkesinambungan sebagai ajang pengembangan kreativitas mahaisswa dalam melestarikan kebudayaan.

Acara pembukaan yang dihadiri Ketua Yayasan Almuslim Peusangan beserta jajaran, para Wakil Rektor, Ka. Biro, Kabag, Dekan, Direktur,  Ketua Prodi, Dosen, mahasiswa  di lingkup Umuslim. Dari tamu undangan kelihatan wakil ketua DPRK Bireuen, Kodim,  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bireuen, Delegasi STAIN Malikussaleh, Universitas Gajah Putih serta dari Akbid Al-Munawarah.

Acara pembukaan yang diisi oleh penampilan Tarian Saman oleh Sanggar Mirah Delima, Tarian Didong oleh Komunitas Mahasiswa Bener Meriah dan Aceh Tengah, musikalisasi puisi, atraksi Pencak Silat Umuslim. Selain itu, kegiatan ini begitu meriah dengan kehadiran   Organisasi Mahasiwa (Ormawa) Umuslim juga ikut membuka stand pameran dengan berbagai nuansa yang kreatif, dan stand pameran dari tamu yaitu Akbid Munawarah serta Universitas Gajah Putih.

Pada acara pembukaan turut berpartisipasi penampilan khusus Arif Andepa Wakil Ketua DPRK Bireuen dengan puisinya, sementara pada sore harinya tampil Presiden Mahasiswa Umuslim berduet dengan Al Azhar  staf khusus Wakil Rektor IV/Humas membawakan puisi.

Tak ketinggalan penampilan mahasiswa Umuslim baik berupa lagu dan puisi, yang benar-benar mencerminkan kreatifitas serta rasa tanggung jawab yang besar terhadap kebudayaan negeri ini. al)