Acara Pengambilan Sumpah Bidan dan Perpisahan Lulusan D3 Kebidanan Umuslim Berlangsung di AAC Ampon Chiek Peusangan

AAC Ampon Chiek Peusangan – Acara Pengambilan Sumpah Bidan dan Perpisahan Lulusan  D3 Kebidanan Umuslim  berlangsung Rabu (17/2), yang dihadiri Ketua Yayasan, Rektor, Wakil Rektor, Ka Biro, Kabag, Dekan dan orang tua wali mahasiswa yang diambil sumpahnya. Tampak hadir juga dari Kadis Kesehatan Bireuen, IBI Wilayah Aceh, IBI Bireuen serta tamu undangan lainnya.

Menurut laporan Direktur Program Diploma 3 Kebidanan Umuslim Nurhidayati, M.Ph lulusan kebidanan yang disumpah sebanyak 133 orang. Tiga orang di antaranya merupakan lulusah terbaik; Nahrisyatul Fajrina dengan IPK 3,88, Yulizar dengan IPK 3,73, sedangkan Mawaddah Warahmah dengan IPK 3,71.

Menurut Nurhidayati; “Secara akademis mereka sudah lulus dari Prodi Diploma 3 Kebidanan, akan tetapi secara profesi ada satu lagi yang belum mereka lalui ujiannya yaitu ‘uji kompetensi Nasional’. Artinya mereka harus memiliki ‘Surat Tanda Registrasi Bidan Indonesia’ sehingga mereka sudah dibenarkan berkiprah di masyarakat”.

Menurut Nurhidayati lagi menjelang uji kompetensi kali ini diharap dukungan orang tua dan suami bagi yang sudah berkeluarga, agar ada bantuan moril maupun materil sehingga yang akan mengikuti uji kompetensi dapat dikarantina di kampus, sehingga dapat melatih dan mengulang pelajaran yang selama ini mereka terima.

Pada kesempatan yang sama Rektor Umuslim berujar; ” Untuk menghadapi persaingan di era MEA ini, kampus memberikan kesempatan para lulusan agar dapat mengikuti pelatihan Bahasa Inggris yang diadakan seminggu dua kali di lingkungan kampus Umuslim. Agar ke depannya para lulusan siap menjadi tenaga kerja yang cakap dan terampil dan dapat bersaing dengan bidan-bidan dari negara Masyarakat Ekonomi Asean. (al)