Melalui PJTD Membangun Literasi Kampus

Kampus Timur Umuslim-Sabtu (07/05) Lembaga Pers Mahasiswa Suara Almuslim (LPM SA) mengadakan Pelatihan Jurnalisitik Tingkat Dasar (PJTD) dalam rangka hari jadi LPM SA yang ke-8. Kegiatan yang bertemakan ‘Memvisualisasikan Realita dan Fakta dalam Bingkai Berita’  dilaksanakan di Kampus Timur Universitas Almuslim.

Untuk hari pertama diisi oleh Pembina LPM SA sekaligus Pimpinan Redaksi Juang News, Hamdani, S.E., M.S.M, dengan materinya mengenai Teknik Penulisan Berita yang baik dan benar. Materi kedua dilanjutkan oleh Pimpinan Umum LPM SA, Fitriani yang menyampaikan materi mengenai Dasar-Dasar Jurnalistik. Kode Etik Jurnalistik (KEJ) disampaikan oleh Mantan Pimpinan Umum Periode 2014-2015, Nurmulya Sapittri. Materi terakhir yang menjelaskan tentang penulisan Straight News dijabarkan oleh Wartawan Modus Aceh, Muhajir Ismail.

“Dengan pelatihan ini diharapkan akan memunculkan mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam mengolah media massa secara handal untuk semakin mempercepat pencapaian tujuan organisasi,” ungkap Ketua Panitia Pelaksana, Nazaruddin.

Untuk hari kedua akan difokuskan pada materi Videografi yang akan dijelaskan oleh Wartawan Metro Tv, Hamdani, S. Ag. Peserta juga akan melakukan reportase lapangan serta dapat mengaplikasikan ilmu jurnalistik yang telah didapatkan.

Pimpinan Umum LPM Suara Almuslim Fitriani menambahkan, “Semoga dengan adanya acara PJTD ini dapat mempererat tali sliahturahmi. Baik internal LPM maupun dengan LPM lain, dan supaya juga kita bisa membenahi diri untuk menjadi agen perubahan dengan memangku tangan bersama. Demi terciptanya literasi kampus yang kreatif dan nyata.”

Acara pelatihan ini diikuti oleh anggota muda LPM SA dan juga anggota dari LPM Al-Kalam STAIN Malikusaleh, Lhokseumawe. (heldiana-al)