Rapat Persiapan Pelaksanaan Seminar Tentang Sejarah Kerajaan Jeumpa

Bireuen, Sabtu (07/05)7 bertempat di DPRK Bireuen diadakan rapat terakhir persiapan pelaksanaan Seminar tentang Sejarah Kerajaan Jeumpa. Rapat tersebut dipandu oleh Ketua Panitia Seminar yang juga Ketua Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Bireuen, Drs. Jailani, M.M. Masing-masing bidang melaporkan hal-hal yang telah dilakukan dan apa yang belum dilakukan dicari solusinya supaya tidak menjadi kendala nantinya di lapangan. Semua hal dibicarakan secara terbuka dan demokratis, dicari solusi terbaik, serta transparan dalam hal penggunaan anggaran. Yang intinya adalah bagaimana seminar yang akan dilaksanakan di Desa Blang Seupeung, Kecamatan Jeumpa berjalan lancar dan sukses.

Diperkirakan yang akan hadir berjumlah 2.400 orang, terdiri dari Wali Nanggroe, Gubernur Aceh, Bupati dan kalangan muspida dan Camat di lingkup Kabupaten Bireuen, Bupati Pidie, Muspida Aceh Tengah dan Bener Meriah, pimpinan universitas dan yayasan, kalangan akademisi, mahasiswa, TNI, Polri, Kejaksaan, tokoh-tokoh adat dan agama, dan masyarakat Desa Blang Seupeung sekitarnya. Tamu Negara yang akan hadir adalah 2 Raja dari Malaysia beserta rombongan yang berjumlah 30 orang.

Kepanitiaan seminar beranggota dari berbagai unsur seperti muspida, tokoh adat dan agama, akademisi, tokoh masyarakat, pemuda, dan mahasiswa. MAA berusaha mengakomodir berbagai pihak karena dalam pelaksanaan ini diperlukan kerjasama dan pemikiran lintas sektoral. Makalah seminar akan dibukukan dan akan menjadikan berbagai output rekomendasi. Artinya seminar yang akan dilaksanakaan ini akan ditindaklanjuti dengan berbagai kegiatan ke depannya. (al-poncut)