Tiga Mahasiswa Umuslim Akan Mengikuti Konferensi Internasional di Thailand

Peusangan, Sabtu 14 Mei 2016, bertempat di Kampus Ampon Chik Peusangan Universitas Almuslim (Umuslim), tiga Mahasiswa Umuslim, yakni Bilal Faranov (Mahasiswa FISIP Prodi Administrasi Negara), Maulida (Mahasiswa FISIP Prodi Administrasi Negara), dan Saljuli Lestari (Mahasiswa FKIP), serta seorang Alumnus Umuslim, Saiful Amri, S.Pd (Konsultan Lokal Pendamping Desa Kecamatan Kuta Blang) menemui Teuku Cut Mahmud Aziz, Dosen FISIP Umuslim untuk mendapat pengarahan sebelum mereka berangkat ke Thailand. Rencananya besok pagi mereka akan berangkat ke Medan, dan pada Senin pagi pukul 05.35 dari Bandara Kualanamu Medan akan menuju Bangkok, Thailand. Bila tidak ada halangan, mereka akan tiba di Bandara Internasional Don Mueang, Bangkok pada pukul 08:15 pagi.

Keberangkatan Mahasiswa Umuslim ke Thailand untuk mengikuti Konferensi Internasional tentang Perdamaian, Agama, dan Kebijakan yang dihelat di Chulalungkorn University di Bangkok, Ibukota Thailand pada17-18 Mei 2016. Mereka akan menjadi delegasi Aceh di forum tersebut. Konferensi ini akan dibuka oleh Menteri Pendidikan Thailand dan akan dihadiri pakar dari berbagai negara seperti dari Eropa, Amerika, Australia, dan Asia. Chulalongkorn University merupakan salah satu universitas terbaik di Asia Tenggara. Keikutsertaan mereka ke Thailand telah lama dipersiapkan dan tidak terlepas dari rekomendasi Teuku Cut Mahmud Aziz. Sebelumnya Teuku Cut telah membekali mereka dengan pemahaman Cross-Cultural Understanding, bagaimana membangun network dan kerjasama internasional, bagaimana membangun kepercayaan diri di forum internasional, serta kemampuan akan kepekaan membaca gejala sosial. Sedangkan Drs. Nurdin Abdul Rahman, M.Si selaku Direktur Kantor Urusan Internasional (KUI) membekali dengan kemampuan berbahasa Inggris, pengetahuan hubungan internasional, serta bagaimana membangun kepercayaan diri di lingkup internasional.

Keberangkatan mereka mendapat dukungan penuh dari pimpinan universitas. Rektor Umuslim, Dr. Amiruddin Idris dan Wakil Rektor III Umuslim, Drs. Saiful Hurri, M.Si memberikan dukungan penuh dan apresiasi yang luar biasa. Demikian juga dari Direktur KUI (Drs. Nurdin Abdul Rahman, M.Si) dan pimpinan fakultas, seperti Dekan FISIP (Drs. Ridwan AR, M.M), Wakil Dekan III FISIP (Rahmad, S.Sos, MAP), Dekan FKIP (Dra Zahara,M.Pd), dan Wakil Dekan III FKIP (M. Taufiq, M. Pd) beserja jajaran pimpinan prodi dan dosen memberi dukungan penuh dan doa atas keikutsertaan mahasiswa pada konferensi internasional. Karena kehadiran mereka di Thailand akan mengharumkan nama Universitas Almuslim dan Provinsi Aceh.(al)