Safari Ramadhan Ke Gampong Menjadi Tradisi Bagi Umuslim

Peusangan Siblah Krueng, Rabu (08/06) Acara Safari Ramadhan yang diadakan Umuslim merupakan tradisi ‘saweu gampong‘ sudah menjadi tradisi di Umuslim. Kegiatan tahun ini terdiri dari dari 3 (kelompok) yang secara rutin setiap hari selama sepekan turun ke gampong-gampong.

Kebetulan penulis mengikuti di kelompok C yang dipimpin langsung oleh Ketua Yayasan Almuslim Peusangan yaitu  H. Yusri Abdullah, S.Sos yang turun ke Meunasah Dayah Baro Peusangan Siblah Krueng, tampak hadir Dr.H. Sujiman A. Musa, MA, Tgk. Nasir, Drs. Ridwan A.R, MM, Tgk. Musrizal, MA, Jumali, Najmuddin, MA, Drs. Faizin, M.Pd, sementara dari mahasiswa terlihat Oki Iskandar, dan Risman.

Pada kesempatan tersebut Ketua Yayasan memberikan ‘bungong jaroe‘ kepada masyarakat setempat yang dengan harapan dapat digunakan untuk kepentingan Meunasah.

Bertindak selaku imam Shalat Tgk. Musrizal, MA (dosen FE Umuslim) sementara sebagai penceramah Tgk. Nasir (Yayasan Almuslim Peusangan).

“Kunjungan kami setiap ramadhan ke gampong-gampong merupakan kunjungan kepada pemilik Yayasan Almuslim Peusangan, karena Almuslim Peusangan merupakan milik masyarakat Peusangan Raya”, demikian tegas H.Yusri.

Dalam ceramahnya Tgk. Nasir membahas pengertian taqwa dan bagaimana menerapkannya ddalam kehidupan sehari-hari. Taqwa salah satu maknanya bagaimana kita selalu bertaubat atas segala perbuatan dan kesalahan yang kita lakukan, sehingga ramadhan benar-benar memberikan sesuatu yang berarti bagi kehidupan kita. (al)