REVIEW KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM

Lhokseumawe, Jum’at (12/05) bertempat di lantai III Gedung Pascasarjana IAIN Lhokseumawe berlangsung Studium Generale yang menghadirkan Dr. Abd. Mukti Bisri, M.Ag (Kasi Pembinaan Prodi-DIKTIS Kementrian Agama Republik Indonesia) sebagai nara sumber.

Acara yang dihadiri Rektor IAIN Lhokseumawe beserta jajaran Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana  beserta jajaran, Dekan, Ketua Prodi, Dosen, Mahasiswa di lingkup Pascasarjana IAIN Lhokseumawe.

Studium Generale dengan tema ” Review Kebijakan Pendidikan Islam’, mengangkat permasalahan tantangan pendidikan Islam. 

“Tantangannya pertama adalah kurikulum di pendidikan agama yang terdiri dari aqidah, akhlak, alqur’an, hadits, serta sejarah yang hanya disediakan  waktu pembelajaran selama 2 jam, sementara matematika/sains 14 jam, bagaimana menjawab tantangan pembangunan akhlak anak bangsa saat ini. Agama diajarkan hanya rukun-rukun dan praktik shalat akan tetapi tidak diajarkan hakikat shalat serta hakikat ibadah itu sendiri. Tantangan kedua adalah teknologi dan sains berkembang tetapi teknologi serta tatanan belajar dalam kelas serta ruangan pendidikan tidak pernah berubah dari zaman ke zaman. Tantangan ketiga kita baru menciptakan sistem pendidikan bukan menciptakan sistem entrepreneur di bidang pendidikan,” demikian diutarakan Dr. Abd. Mukti Bisri, M.Ag.

Acara yang berakhir dengan tanya jawab tersebut turut hadir Al Azhar, SS., M.Sos dari Staf Khusus Wakil Rektor IV/Humas dan Kerjasama Universitas Almuslim Bireuen. (al)