PRODI BAHASA INDONESIA GELAR ACARA REUNI DAN PENTAS SENI

Matangglumpangdua – Sabtu (03/02) Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia (HIMBASID) menggelar acara reuni dan pentas seni di halaman Kampus Timur Universitas Almuslim (Umuslim)..

Mengusung tema ”Ayo Kembangkan Kreatifitas Anak Bangsa Melalui Budaya, Sastra dan Bahasa”. “Acara ini bertujuan agar generasi bangsa lebih mencintai budaya, sastra dan tidak melupakan bahasa’,  ungkap Srian Nanda selaku Panitia.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Siti Khaulah, M.Pd selaku Wakil Dekan III, pentas seni yang diselenggarakan memperlombakan tiga jenis lomba yaitu cipta puisi, membaca puisi dan drama tingkat SMA/sederajat Kabupaten Bireuen.

Prodi Bahasa Indonesia juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada Pustaka Mbiandoga Cerdas Kab. Intan Jaya-Papua yang diterima langsung oleh Muhammad Zaki selaku ketua Pustaka Mbiandoga Cerdas.

Adapun reuni bertujuan untuk silaturrahmi antar sesama dan juga sharing bersama alumni untuk reakreditasi Prodi Bahasa Indonesia dan sosialisasi kurikulum. “Kurikulum ini disosialisasikan bertujuan agar kurikulum yang kita kembangkan, khususnya di prodi Bahasa Indonesia Universitas Almuslim ini nanti sesuai dengan kebutuhan yang ada di lapangan, baik itu tingkat SMP ataupun di SMA” ungkap Nurmina, M.Pd selaku Ketua Prodi saat diwawancarai secara terpisah.

Nurmina, M.Pd juga mengharapkan partisipasi alumni Prodi Bahasa Indonesia terhadap pengembangan Prodi Bahasa Indonesia. Mengingat nama prodi telah berubah dari Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah menjadi Prodi Bahasa Indonesia. Ia juga mengatakan ketika suatu program  studi itu berubah namanya, otomatis kurikulum juga akan sedikit berubah.

“Kehadiran mereka (alumni) di sosialisasi ini nanti, akan bisa sharing keilmuan yang sudah didapatkan di program studi dengan kebutuhan di lapangan  apakah ada relevansinya atau tidak. Kalau misalnya kurang kami akan menambahkan mata kuliah ataupun pengetahuan yang baru sehingga bisa membuat mereka lebih siap di lapangan”, tambahnya lagi.(PIP Umuslim – Rahmat Saputra)