Misnawati, M.Pd jadi Auditor AMI-PT Certified International

Misnawati,MPd

Misnawati, M.Pd, Dosen prodi Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan lmu Pendidikan (FKip) Universitas Almuslim dinyatakan lulus sebagai Auditor AMI-PT Certified International, kategori kompeten.

Hal tersebut berdasarkan pengumuman kelulusan sertifikasi audit mutu internal yang dilaksanakan oleh kompetensi auditor mutu Internal PT ISO 17024 Quantum HRM Internasional.

Kegiatan pelatihan dilaksanakan dalam rangka pendampingan peningkatan budaya mutu Perguruan Tinggi (Auditor AMI-PT sertifikasi ISO 17024).

Kegiatan dilaksanakan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Lembaga Penelitiandan Pengabdian kepada Masyakat (P2SDM LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB), berkerjasama dengan Lembaga Sertifikat Quantum HRM Internasional, berlangsung selama empat hari, (9-12 Agustus 2021) secara daring.

Setelah dinyatakan lulus, Misnawati, M.Pd, berhak memperoleh Certificate of Competence of Certified International of Internal Quality Audit (CIIQA).

Menurut Misnawati, pelatihan selain teori juga dibekali dengan melakukan assesmen lapangan, hal ini sebagai penilaian dalam melakukan audit lapangan dan mengikuti post-test.

Menurutnya post-test diberikan bertujuan melihat sejauh mana dan seberapa dalam wawasan ketrampilan peserta terhadap peningkatan pengetahuan dan ketrampilan setelah mengikuti pelatihan.

Pelaksanaan tes dilangsungkan dengan menjawab 400 ratus soal ujian, dengan durasi waktu selama empat jam, jelas Misnawati, yang juga menjabat sekretaris Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Almuslim.

Menurutnya materi ujian merupakan materi yang diberikan saat pelatihan, seperti misalnya kebijakan nasional sistem penjaminan mutu PT, pemahaman evaluasi/Audit Mutu, perancanaan AMI (PKA) dan evaluasi diri, serta praktik perancaan dan pembuatan instrumen evaluasi diri dan pembuatan laporan hasil audit dan persiapan visitasi.

Selain itu juga diberikan materi pemahaman terhadap kompetensi auditor mutu internal PT ISO 17024 oleh Prof. Dr. Pribadiyono selaku Founder PT. Quantum HRM Internasional.

Misnawati, M.Pd mengucapkan syukur atas keberhasilan ini, dirinya berharap hasil ini dapat mengembangkan kompetensi profesionalisme sebagai auditor, sehingga mampu melaksanakan tugas utama secara efektif, guna mengetahui kesesuaian standar audit internal yang diterapkan dalam lingkup pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Semoga saya dapat mengimplementasikan sistem penjaminan mutu sesuai standar mutu internal dan dilakukan dengan penilaian kinerja khususnya pada tingkat satuan kerja akademik atau program studi melalui Audit Mutu Internal Akademik (AMI-Akademik)” ungkap Misnawati.

Sehingga dapat mewujudkan penerapan konsep perbaikan kualitas secara terus-menerus (continuous quality improvement) yang dapat dijadikan sebagai pegangan dalam memberikan layanan akademik, sehingga memiliki kesiapan yang lebih baik dalam akreditasi Universitas, tambahnya lagi.

Wakil Rektor bidang akademik Universitas Almuslim Dr.Halus Satriawan,MSi menyampaiakan rasa bangganya atas keberhasilan salah seorang tim Badan Penjaminan Mutu (BPM) Universitas Almuslim lulus pada pelatihan ini.

Dengan lulusnya ibu Misnawati, MPd dalam sertifikasi auditor AMI, maka beliau menjadi satu-satunya auditor Umuslim yang tersertifikasi tingkat nasional dan Internasional dan secara langsung menjadi anggota Asosiasi AMI-PT Indonesia, jelas Halus Satriawan.

Pimpinan Umuslim mengharapkan agar ibu Misnawati, bisa menjadi mentor bagi calon auditor internal Umuslim yang lain, agar bisa bekerja untuk mengawal mutu Tri dharma Perguruan Tinggi di Universitas Almuslim, harap Halus Satriawan.

Pemateri dalam pelatihan tersebut disampaiakan oleh Dr. Yudi Chadirin, S.TP., M.Agr, Dr. Henny Purwaningsih dan Dr. Wonny A Ridwan.(Humas-Umuslim)