BEM Fisip Umuslim hadiri International Jogja Youth Camp

Peserta berfoto bersama usai acara pembukaan

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Almuslim menghadiri pertemuan International Jogja Youth Camp (Enjoy Camp)berlangsung di Yogyakarta University Hotel, (10 – 12 November 2021).

Kegiatan yang dilaksanakan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, mengangkat tema The Roles of Youth Amidat Pandemic : Opportunities and Challenges, diikuti 70 peserta dari 23 BEM FISIP Se-Indonesia, lapor Gubernur Bem Fisip Umuslim Muhammad Khairul Umam melalui telepon selulernya dari Yogyakarta.

Menurut Muhammad Khairul Umam, acara tahunan ini dilaksanakan secara hybrid, bagi mahasiswa Internasional secara online, sedangkan perwakilan Bem dari Perguruan Tinggi dalam negeri secara luring, dari Provinsi Aceh ada 2 Perguruan Tinggi yang ikut yaitu Universitas Almuslim (Umuslim) Bireuen dan Universitas Syiah Kuala (USK) Banda Aceh, jelasnya.

Rangkaian opening ceremony diawali dengan penampilan seni dan budaya menampilkan Tari Aceh oleh IKPM Aceh, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia Achmad Zuhri, M.Ikom, sambutan Ketua Dema Fakultas, oleh Fajar Wahyu Gumelar dan dilanjutkan sambutan Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr. Moch Sodik, S.Sos., M.Si., sekaligus membuka acara dengan pemukulan gong, jelas Muhammad Khairul Umam.

Penampilkan Tari Aceh saat pembukaan

Selanjutnya rangkaian acara dilakukan opening speech video Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ristekdikti Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A. setelah itu turut menyampaikan pidato Bupati Sleman Dra. Hj. Kustini Sri Purnomo, diakhiri penyampaian sambutan oleh Staff Khusus Presiden Republik Indonesia Bidang Komunikasi Dr. M. Fadjroel Rachman, M.H.

Dalam sambutan Ketua Dema Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Fajar menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada peserta yang telah ikut berpartisipasi dan menyukseskan acara tahunan mahasiswa Fisip se Indonesia.

Menurutnya kegiatan ini selain untuk silaturahmi antar mahasiswa Fisip Se Indonesia dan dunia, juga untuk membahas berbagai persoalan kemahasiswaan khususnya mahasiswa Fisip.

Fajar mengajak mahasiswa khususnya Fakultas Sosial dan Politik, agar tidak lagi apatis dengan isu-isu di negara kita “Kita disini berdiri bersama membela hak-hak mahasiswa dan masyarakat yang ada, adanya acara ini kita dapat membangun silahturahmi dan diskusi-diskusi yang dapat kita bawa untuk kedepannya, harapnya.”

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Dr. Moch Sodik, S.Sos., M.Si.,dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan penting, karena dengan adanya pertemuan mahasiswa ini dapat mengembangkan ukhuwah atau persaudaraan, semoga pertemuan ini dapat menjadi tempat untuk saling berdialektika dengan tema-tema yang diangkat.

Kenapa acara ini penting ? Karena memang kita ingin mengembangkan yang disebut dengan Al Ukhwah, pertama, Al-Ukhwah Addiniyah (Menghargai sesama agama), kedua, Al-Ukhwah Wathoniah (Cinta tanah air), ketiga, Al-Ukhwah Basoriyah (Rasa persaudaraan).”jelas Dr. Moch Sodik, S.Sos., M.Si.

Sebagai tanda perpisahan antar peserta , panitia mengelar city tour kebeberapa tempat wisata di Jawa Tengah, lapor Gubernur BEM Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisip) Universitas Almuslim Muhammad Khairul Umam menutup pembicaraan.(Humas-Umuslim)