Ratusan Mahasiswa Umuslim ikuti Workshop PKM Batch-I.

Ratusan mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen ikuti Workshop Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM-Umuslim) Batch-I, berlangsung di Auditorium academik Center (AAC) Ampon Chiek peusangan, kampus Universitas Almuslim, Selasa (1/3/2022).

Menurut ketua panitia workshop, Annisa Ulhusni kegiatan mengangkat tema “Meningkatkan semangat Tri Dharma Mahasiswa menuju jiwa kreatif, inovatif dan Produktif”, dilaksanakan Ikatan Mahasiswa Penerima Beasiswa Universitas Almuslim atas bimbingan dan pembinaan bidang kemahasiswaan Universitas Almuslim, diikuti sekitar 820 peserta mahasiswa dan dosen pembimbing di lingkup Umuslim.

Tujuan workshop dalam rangka mensosialisasikan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang mampu meningkatkan kreativitas dan mengembangkan dan membangkitkan semangat inovatif dan produktif mahasiswa dalam menyalurkan idenya melalui proposal PKM, ujar Anissa didampingi Mona Fattya ketua Ikatan Mahasiswa Penerima Beasiswa Universitas Almuslim

Pada kesempatan tersebut Kabag Kemahasiswaan, drh. Yusrizal Akmal, M.Si menyatakan workshop ini menghadirkan dua narasumber nasional, masing-masing Prof. Dr. Nasrul AR, ST., M.T yang pernah menjadi reviewer PKM Nasional dan Juri Pimnas dan Fachrurazi, M.Pd juga Reviewer PKM Nasional yang saat ini menjabat Ketua Program Studi PGSD Umuslim, ujar drh. Yusrizal Akmal, M.Si.

Acara dibuka Rektor Universitas Almuslim diwakili Wakil Rektor III, Muliari S.,Kel,.M.Si. pada kesempatan tersebut menyampaikan harapan pada pendanaan PKM tahun ini, akan ada puluhan bahkan jika memungkinkan ratusan proposal PKM lahir dari karya mahasiswa Universitas Almuslim.

Hal ini bukan tidak mungkin, karena umuslim pernah lakukan hal ini pada tahun lalu, dan tercatat yang paling banyak lolos dari semua peserta PTS di lingkungan LLDikti 13 Aceh, ujar Muliari.-

Muliari menambahkan, Rektor Umuslim sangat mendukung penuh dan berharap terdapat beberapa proposal PKM dari Umuslim tahun ini dapat lolos hingga ke PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional).

Tambahnya bagi proposal yang lolos Pimnas, Rektor akan memberikan reward bagi peserta, ungkap Muliari.
Narasumber workshop Prof. Dr. Nasrul AR, ST., MT Guru Besar dari Fakultas Teknik USK Banda Aceh menyampaikan bahwa dirinya sangat sepakat dengan apa yang diharapkan Rektor Umuslim.

Oleh karena itu mahasiswa yang akan mengikuti PKM harus paham betul apa yang akan diusulkan dan mendapat nilai tambah bagi kreatifitas anak muda melenial zaman kini, paprnya.

Ikuti kata kuncinya, yakni program harus kreatif (yang original tentunya), inovatif dan lalu produktif, sehingga punya nilai tambah bagi pengembangan aspek kehidupan dan pengembangan ilmu, jelas Prof Nasrul.

Sementara itu, narasumber lainnya, Fachrurazi, M.Pd berharap mahasiswa almuslim harus tertarik dengan kegiatan ini, selain kita sering memenangkan proposal PKM di tahun-tahun lalu, yang tentu sudah ada pengalaman juga contoh bagaimana membuat dan meramu tema PKM, jelas Kaprodi PGSD Umuslim.

Fachrurazi menyampaikan kepada para dosen pembimbing kemahasiswaan dan akademik di setiap program studi, untuk merangsang dan ikut mendapingi para mahasiswa agar mereka terpacu dan ada tempat untuk melakukan konsultasi yang diperlukan, sebutnya.

Oleh karena itu, workshop yang kita lakukan hari ini merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan kreativitas dan mengembangkan inovatif dan produktif mahasiswa pada tingkat pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat, sebagaimana harapan dari panitia, tutup Fachrurazi.(Humas-Umuslim)