Diskusi Publik tentang Kepemimpinan oleh Lembaga Pers Mahasiswa Suara Almuslim (LPM SA)


Setiap individu adalah pemimpin seperti sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Muslim :"Setiap kamu adalah pemimpin dan setiap kepemimpinan kamu akan dipertanggungjawabkan." Jika dikaitkan dengan tubuh, pemimpin adalah hati, otak atau kepala. Jika hati, otak, atau kepala tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka seluruh anggota tubuh tidak akan berfungsi secara baik. Begitu juga dalam berorganisasi, pemimpin adalah nakhoda, pilot, atau pengemudi yang menggerakkan dan mengarahkan kendaraan yang dikendarainya. Juga merupakan contoh teladan serta motivator bagi orang-orang yang dipimpinnya.


Dengan begitu Lembaga Pers Suara Almuslim (11/12) mengadakan Diskusi Publik tentang Kepemimpinan. Adapun tema yang diketengahkan adalah: "Ciptakan Mahasiswa yang Memiliki Jiwa Leadership untuk Kejayaan Bangsa." Dengan harapan akan lahir mahasiswa yang akan menjadi pelopor baik di lingkungan kampus ataupun pada masyarakat kita pada umumnya. Harapan juga bahwa acara ini membawa implikasi yang positif sebagai jalan untuk mengarahkan kepada kepemimpinan yang lebih baik serta ideal, dengan pemateri yang begitu dikenal di kalangan mahasiswa Umuslim, yaitu : Ibu Dra.Zahara, M.Pd (Dekan Fkip Umuslim) serta Bapak Muhajir, S.Pd (Redaktur The Globe Journal).


Dalam dunia kemahasiswaan dan masyarakat kepemimpinan sangat berpengaruh terhadap kelangsungan organisasi baik pada level mahasiswa ataupun masyarakat. Professionalitas sangat dituntut dalam memimpin sehingga melahirkan sistem kepemimpinan yang menciptakan rasa keadilan bagi orang-orang yang dipimpin ataupun dalam komunitas di masyarakat. Pemimpin yang baik dapat mengarahkan bawahannya melaksanakan tugas sesuai dengan kebijakan yang telah ditetapkan, dan dapat memberikan 'pujian' ataupun 'koreksi" atas hasil yang dicapai oleh orang-orang yang dipimpinnya. Dengan harapan akan lahirnya pemimpin yang 'transformasional" dan 'kharismatik'. (al)