ORGANISASI MAHASISWA

RESIMEN MAHASISWA (MENWA)

Resimen Mahasiswa (MENWA) adalah bela Negara yang paling ideal di Indonesia. Anggota Menwa adalah sekumpulan mahasiswa yang memiliki idealisme murni tentang nasionalisme. Korps Menwa Universitas Almuslim adalah bagian dari pada resimen mahaisiswa Indonesia yang telah terjiwai dengan roh semangat berbangsa dan bernegara.Dasar pembentukan susunan pengurus unit kegiatan khusu (UKK) resimen mahasiswa mahadasa kompi B Universitas Almuslim adalah nilai nilai sejarah perjuangan bangsa untuk mewujudkan segala cita cita tersebut maka resimen mahasiswa sebagai salah satu unit kegiatan yang berada dalam lingkungan Universitas Almuslim dengan maksud tersebut resimen mahasiswa satuan 103 Universitas Malikussaleh mengepakkan sayapnya ke Universitas Almuslim sebagai bagian daripada resimen mahasiswa Indonesia yang menjadi kompi B.  Dengan SK Rektor No: 511/SK-Unimus/KM.2008.

 

UKM PENCAK SILAT

 UKM Pencak Silat merupakan sebuah UKM cukup aktif melaksanakan latihan di kampus induk bersama sama dengan UKM Kempo. UKM yang mempunyai Motto :’’ Untuk Menumbuhkembangkan Kesetiakawanan Dalam Menyalurkan Bakat dan Seni Bela Diri”

-          Mengembangkan potensi dan Menjadi seni beladiri sebagai olah raga yang berguna untuk sehat jasmani dan rohani yang sportif.

UKM ini sekarang di jabat oleh Ketua: Zulfikar dan Sekretaris: M. Heri

 

UKM KSR PMI UNIT 01

Latar Belakang

UKM-KSR adalah sebuah organisasi yang bertindak dibidang kemanusiaan. UKM-KSR dibentuk pada tanggal 27 Mei 2007 oleh mahasiswa yang telah mendapat ilmu KSR-PMI  dasar dari PMI Cabang Bireuen. Oleh karena itu, tujuan didirikan UKM-KSR Unit adalah untuk mencari bibit baru yang mau memberikan segenap kemampuan atau tenaga mereka untuk membantu masyarakat yang membutuhkan terutama pada saat bencana, bibit-bibit baru yang mau bergabung dengan UKM-KSR akan terus dibina, dididik dan ditransfer ilmu pertolongan pertama dan cara bersosialisasi dalam masyarakat, sehingga mereka sipa untuk memberikan bantuan kepada masyarakat-masyarakat yang membutuhkan dengan maksimal.

 Apa Itu KSR

KSR    adalah suatu unit kegiatan dimana didalamnya berkecampung mahasiswa-mahasiswa yang  telah dididik, baik fisik maupun mental mereka untuk selalu memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan tanpa membedakan, baik dia miskin, kaya, islam atau non islam, karena anggota KSR berpegang kepada “Kita Semua Saudara”. Oleh karea itu anggota KSR akan selalu membantu masyarakat dengan ikhlas tanpa mengharap imbalan dan juga anggota-anggota KSR siap membantu kapan saja diperlukan.

 Kapan Berdiri KSR

KSR PMI Unit berdiri pada tanggal 29 Mei 2007, dengan SK Rektor No. 150 KM 2008

 

UKM ALASKA

“Guratan Tentang Kami”

Salam Lestari

Salam yang selalu akan terus bergaung dipenjuru bumi demi kelestarian alam dan lingkungan ini.

           Setiap pertemuan pasti memiliki sebuah pengharapan mencapai sebuah tujuan, terlepas itu dengan motif ekonomi,politik atau hanya sebatas pertemanan dan persaudaraan,..begitu juga dengan kami, berbekal dengan sebuah persamaan hobi dan minat bakat dalam kegiatan olahraga alam bebas semua perbedaan diantara kami hilangkan menuju sebuah pencapaian tujuan yaitu penempaan fisik dan mentalitas di alam bebas.. tanggal 17 Agustus 2005, dipulau Weh Sabang di puncak Gunung Cot Kuyuen dikelilingi oleh Danau Aneuk Laot maka berdirilah sebuah organisasi yang bergerak dalam penempaan potensi dan pengembangan kreatifitas mahasiswa dalam bidang olahraga alam bebas serta sebagai organisasi pejuang lingkungan dengan nama Jeumala ( Jeumpa Pecinta Alam.)

           Bumi terus berotasi mengikuti porosnya, begitu juga Jeumala terus bermetamorfosis mengikuti dinamika kehidupan oragnisasi kampus, seperti kepompong yang terus menjelma menjadi kupu-kupu yang akan siap terbang, maka melalui rapat anggota pada tanggal 10 Agustus 2006, jeumala mengubah nama menjadi Alaska (Aneuk Alam Sayang Lingkungan)

 Persahabatan terjalin, Persaudaraan terengkuh, Bersama Mengukir Cinta Kepada Alam menjadi filosofi kami dalam menggapai segala kegiatan kami, kami sadar bahwa kami masih sangat muda dan kontribusi kami selama ini masih sangat minim, namun selama sang Khalik masih memberikan kami kekuatan dan semangat untuk terus berkarya, dan selama tidak melangkahi sang Pencipta kami akan terus mengukir prestasi dan kreatifitas. Terima kasih kepada seluruh reka-rekan terutama Dewan Pembina dan Pihak Rektorat yang telah senantiasa memberi dukungan atas segala kegiatan kami. Kepada seluruh reka-rekan anggota Alaska tetap komit dan semangat. Lakukan itu, walaupun kecil tapi bermakna.

 

Nama Lembaga                      : Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Dan Lingkungan Hidup (UKM PA LH) Aneuk Alam Sayang Lingkungan (ALASKA)

 Waktu Berdiri                         : 17 Agustus 2005

Tempat Deklarasi                   : Pulau Weh-Sabang, Aceh

Alamat                                    : Kompleks Universitas Almuslim Peusangan Bireuen

                                                 Email :This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Visi & Misi                              :

 

Visi UKM PA-LH ALASKA

Menciptakan rasa cinta alam dan lingkungan dalam diri mahasiswa dan anggota serta menumbuhkembangkan kesadaran dalam menjaga kelestarian lingkungan menuju masyarkat sadar lingkungan

 

Misi UKM PA-LH ALASKA

1.    Menciptakan mahasiswa yang cinta kepada lingkungan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.    Mengembangkan potensi dan kreatifitas anggota dalam bidang olahraga alam bebas

3.    Meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya menjaga kelastarian alam dan lingkungan

4.    Berperan aktif dalam mejaga kelestarian lingkungan sesuai dengan visi Aceh Green

 

Dewan Pembina                      : 1. Muslim M.Si (Pembina Utama)

                                                  2. Iqbal Tawakkal S.STP.M.Eng (Pembina Minat Bakat)

                                                  3. Khalil As’ari S.Pdi (Pembina Bidang Organisasi)

Dewan Perintis UKM PA LH ALASKA

1.    Iqbal (STMIK)

2.    Martunis (DIII AMIK)

3.    Ferry Ramadhan (DIII AMIK)

4.    Magfirah (DIII AMIK)

5.    Ery Suharman (STMIK)

6.    Eka Nofa Rita (STMIK)

7.    Hafni (STMIK)

8.    Muchyid (D II PGSD)

9.    Suryadi (FKIP Geografi)