Di Daerah Terpencil Sekalipun Mahasiswa Umuslim Turut Peringati HUT RI ke 72

Bener Meriah, Mesidah (17/08) Mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Kabupaten Bireuen yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja mahasiswa (KKM) di kabupaten Bener Meriah melaksanakan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 di sebuah kecamatan terpencil yaitu Kecamatan Mesidah yang merupakan sebuah Kecamatan yang paling jauh dan berbatasan dengan Kabupaten Aceh Utara.

Laporan dari Andi Maulana Koordiator Mahasiswa KKM Umuslim Angkatan XVI Tahap I Tahun Akademik 2017-2018 Kecamatan Mesidah, upacara berlangsung khidmat dipusatkan di lapangan kampung Pakat Jeroh, dengan komandan upacara Hasimi dari Koramil Kecamatan Mesidah, dikuti  unsur pemerintahan Kecamatan  Mesidah , pelajar sekolah dari SD, SMP,SMA, puskesmas, TNI/Polri, Seje dan sekdes kampung, mahasiswa kkm umuslim dan masyarakat. 

Selesai upacara siswa SMA di Kecamatan Mesidah mempromosikan racikan bubuk kopi rosting Arabika Gayo yang diracik sendri oleh siswa di sekolah tersebut, menurut Andi Maulana dalam memeriahkan kegiartan hari kemerdekaan ini juga dilakukan berbagai perlombaan yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan masyarakat seperti lomba lari karung, larik tambang, panjat pinang, dan juga sosialisasi cuci tangan dan sikat gigi yang benar. (al-andi)

Kesehatan Masyarakat (Posyandu, Penguatan Gizi ibu dan anak) Materi Terakhir Pembekalan Hari Pertama

Kampus Umuslim, Rabu (26/07) Materi Pembekalan Kesehatan Masyarakat (Posyandu, Penguatan Gizi ibu dan anak) yang disampaikan oleh Saifuddin, SKM., M.Kes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bireuen serta dimoderatori oleh Siti Rahmah, SST., M.Kes.

Peserta pembekalan KKM benar-benar diberi pengetahuan tentang pentingnya bagaimana pelayanan posyandu, penguatan gizi ibu dan anak yang dapat diterapkan di lokasi KKM nantinya.

Pembekalan yang diakhiri dengan dialog serta tanya jawab, memberikan pencerahan kepada peserta KKM agar nantinya dapat berkiprah dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi,  yaitu Dharma Pengabdian kepada masyarakat. (al)

Rahmad Hidayat Mahasiswa Umuslim Meraih Prestasi pada MTQMN XV 2017 di Malang

Malang, (03/08) Penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional atau MTQMN XV 2017 resmi ditutup. Penutupan kegiatan MTQMN XV 2017 ini sendiri diselenggarakan bertempat di Gedung Graha Cakwala Universitas Negeri Malang (UM). pada gelaran penutupan ini pula, salah saru agenda penting yaitu pengumuman juara pada 13 cabang lomba MTQMN XV 2017 beserta penentuan Juara Umum MTQMN XV 2017.

Dari pengumuman yang disampaikan langsung oleh Prof. Dr. Haji Said Agil Husin Al Munawar, MA dipastikan Universitas Negeri Malang kembali membawa pulang gelar juara umum setelah berhasil menang di beberapa kegiatan lomba. Pretasi ini juga sangat membanggakan mengingat bahwa Universitas Negeri Malang telah menjadi juara umum 3 kali berturut turut.

Dikabarkan dari Malang bahwa Rahmad Hidayat meraih juara harapan 1, Rektor Umuslim Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si sangat bergembira mendengar kabar yang membawa harum nama Universitas Almuslim. "Kami berjanji akan menyambutnya dengan penyambutan yang sangat pantas, demi memotivasi mahasiswa lain untuk berprestasi," ujar Rektor.

Read more: Rahmad Hidayat Mahasiswa Umuslim Meraih Prestasi pada MTQMN XV 2017 di Malang

Manajemen TPA dan Penguatan Fardhu 'Ain

Kampus Umuslim,  Rabu (26/07) Masalah pemahaman agama sangat penting sebagai modal terjun ke masyarakat, dan Universitas Almuslim (Umuslim) sadar betul akan hal itu. Sehingga dalam materi pembekalan untuk mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) hal ini benar-benar diterapkan. Materi 'Manajemen Taman Pendidikan Al-Qur'an dan Penguatan Fardhu 'Ain, yang menekankan masalah 'thaharah' serta shalat. Adapun pemateri adalah Iskandar, MA, dosen MKA yang menjabat sebagai Kasubag Akademik di FKIP Umuslim.

"Universitas Almuslim dengan motto 'Profesional, Unggul dan Islami' diharapkan benar-benar dapat mencerminkan apa yang menjadi mottonya, sehingga ketika terjun ke masyarakat betul-betul tercermin sikap dengan akhlakul karimah'' , ungkap Drs. Syarkawi, M.Ed selaku Ketua Bapel KKM. (al)