Pelantikan Pemerintahan Mahasiswa (Pema), Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM), dan Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM).

Universitas Almuslim Senin (19/1) melaksanakan Pelantikan Pema, MPM, dan DPM yang dilantik langsung oleh Rektor Umuslim Dr.H.Amiruddin Idris, SE., M.Si, di Aula MA Jangka.  Acara ini dihadiri oleh KIP Bireuen, Wakil Kapolres Bireuen, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Bireuen, Dewan Pembina Yayasan, Ketua Yayasan, Wakil-wakil Rektor, Dekan, Direktur, Kabiro, Kabag, Ormawa di lingkup Universitas Almuslim. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Pema IAI Almuslim, Pema Unimal, dan Perguruan Tinggi Kebangsaan.  Dengan tema; "Bersama Mewujudkan Kampus Yang Unggul, Profesional dan Islami".

Pada kesempatan ini Saifannur Suryadi selaku mantan Presma Umuslim memohon maaf sebesar-besarnya atas segala silaf, salah mereka selama menjabat sebagai Presma dan jajarannya. Sangat berharap untuk Presma, Pema, MPM dan jajarannya periode 2014-2015 berbuat lebih baik lagi daripada periode yang baru berlalu. Ketua KIP Mahasiswa Umuslim Oki Iskandar dan Rektor juga berharap agar apa yang dijanjikan selama kampanye dapat direalisasikan di dalam program kerja.

Rektor berharap; "Unggul, Profesional, dan Islami, dengan maksud unggul dalam perbaikan sistem dan fasilitas, profesional berarti menyuarakan kebenaran dengan sikap saling bermusyawarah. Sedangkan Islami adalah melakukan sesuatu yang Islami, walaupun itu berat. Sebagai perwujudan di samping kami lakukan tes TOEFL, akan diuji tes kemampuan membaca Al-Qur'an sebelum mahasiswa menyelesaikan ujian akhirnya. Dan saya berharap di dalam setiap forum selalu ditekankan agar segala tindakan, pakaian dalam format yang Islami di lingkup Umuslim. Diharapkan juga Pema untuk menghimbau mahasiswa untuk melakukan shalat berjamaah", demikian harapan Rektor.

Rektor menambahkan; "Jika ada event-event kami berharap dapat meraih prestasi, dengan harapan Wakil Rektor 3 dan Dekan 3 saling berkoordinasi. Di samping itu harus pandai dan cerdas dalam mengangkat nama Umuslim, dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan pemerintah. Kita pernah menjuarai juara 3 debat Bahasa Inggris di Singapura pada waktu yang lalu. Kami mengambil momentum milad Umuslim dengan mengadakan lomba-lomba seperti debat Bahasa Inggris, MIPA, olah raga dan Seni."
"Untuk mengimbangi regulasi pemerintah, Rektor 'mengusir' dosen-dosen muda untuk mengambil S3 di dalam maupun luar negeri. Sedangkan untuk dosen-dosen senior diusahakan untuk program S3 yang tidak terlalu jauh dari tempat domisili yang bersangkutan", tambah Rektor Umuslim. (al)