Membaca Posisi Indonesia dalam Perpolitikan di Wilayah Asean dan Global

Kampus Ampoen Chiek Peusangan, Sabtu (12/11) Mahasiswa Prodi Ilmu Hubungan Internasional FISIP Universitas Almuslim mengadakan;"Sharing Pengetahuan dan Pengalaman Bersama Prof. Nazaruddin Sjamsuddin, M.A .,Ph. D  (Guru Besar FISIP Universitas Indonesia)."

Acara yang bertemakan 'Membaca Posisi Indonesia dalam Perpolitikan di Wilayah Asean dan Global', digagas oleh mahasiswa 'Hubungan Internasional'. Tampak hadir Dekan FISIP Umuslim Drs. Ridwan AR, MM, beserta jajaran Wakil Dekan, Ketua Prodi , mahasiswa, serta Wakil Rektor III Umuslim.

Indonesia menduduki  posisi yang sedemikian penting dalam penentuan arah kebijakan integrasi bidang ekonomi ASEAN, maka sudah seharusnya Indonesia lebih berhati-hati dalam bertindak. Apalagi dengan posisi tawar (bargaining position) yang baik di ASEAN, Indonesia seharusnya dapat menjadi pelopor dan penggerak utama dalam penguatan kerja sama bidang ekonomi ASEAN. Apalagi ASEAN sendiri memiliki peran politik, keamanan, dan budaya yang sangat penting bagi Indonesia sehingga sangat disayangkan jika kerja sama ekonomi yang menjadi salah satu landasan pembentukan Masyarakat ASEAN (ASEAN Community) tidak berjalan secara optimal. 

Mahasiswa 'Hubungan Internasional' di bawah bimbingan para dosen di lingkup FISIP Umuslim berusaha bersungguh-sungguh agar menjadi yang terbaik, apalagi Prodi ini adalah prodi yang baru lahir, dan hanya satu-satunya di Universitas Swasta di Pulau Sumatra. (al)