Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si Selaku Rektor Umuslim Membuka Pembekalan KKM

Matangglumpangdua-Bireuen, Rabu (28/12) Pembekalan yang diadakan Umuslim dalam rangka Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Semester Pendek Angkatan XV Tahap II diikuti sebanyak  650  mahasiswa bertempat di Auditorium Academic Center Ampoen Chiek Peusangan.

Menurut Rektor Umuslim Dr.H.Amiruddin Idris,SE.,MSi dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebanyak 200 peserta akan ditempatkan di dua kecamatan di Pidie Jaya.

“Pemilihan lokasi sebagai tempat KKM mahasiswa Umuslim di Pidie Jaya sebagai rasa simpati kepada korban yang telah mengalami musibah beberapa minggu lalu, kita harapkan  adanya pengabdian mahasiswa ini  akan dapat menghibur para warga  yang masih trauma”, ujar beliau.

 Rektor Umuslim menambahkan, "Untuk mahasiswa yang melaksanakan KKM di Pidie Jaya kehadiran dalam pengabdiannya agar dapat memberikan kontribusi  mempercepat pemulihan kondisi masyarakat ke arah yang lebih baik."

“Disamping berguna bagi masyarakat di sana,  bagi mahasiswa juga supaya dapat memperoleh  pengalaman baru dalam berinteraksi dengan masyarakat, apalagi masyarakatnya baru saja ditimpa musibah gempa bumi”, ujar Rektor lebih lanjut.

Tak hanya itu,  Nantinya mahasiswa juga  akan menjadi sahabat dan kerabat bagi warga karena mahasiswa akan menginap bersama warga di lokasi pengabdiannya.

Selanjutnya Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si,  juga menyampaikan selain KKM di Pijay  sekarang umuslim sedang bekerjasama dengan beberapa lembaga pendidikan baik di luar negeri maupun dalam negeri seperti Malang dan Yogyakarta, untuk ke depan kita akan terus melakukan berbagai akses kerjasama untuk melaksanakan KKM baik di dalam maupun luar negeri.

“Sekarang tujuh mahasiswa sedang melaksankan KKM di Thailand dan yang melaksanakan kuliah di Yogyakarta dan Malang baru saja kembali dan sekarang sedang kita proses pemberangkatan dua mahasiswa yang  berangkat ke Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang”, Jelas H.Amiruddin Idris.

Menurut H.Amiruddin Idris KKM merupakan wujud dari implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sesuai tuntutan  Akademik, maka beliau mengharapkan kepada peserta KKM agar dapat melaksanakan pengabdian pada program KKM sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan Badan Pelaksana Kuliah Kerja Mahasiswa (Bapel KKM).

“Peserta diharapakan agar dapat melakukan KKM dengan penuh keikhlasan,sehingga berbagai program pengabdian yang dilaksanakan dapat bermanfaat bagi masyarakat”,  lanjut beliau.

Rektor  juga mengharapkan  agar mahasiswa  dapat menjadi contoh teladan dalam masyarakat dengan menjaga  tingkah laku terutama dalam  hal pergaulan dan menjaga norma-norma syariat Islam.

Kemudian Ketua Badan Pelaksana KKM Umuslim  Drs. Syarkawi,  M.Ed, melaporkan kegiatan pembekalan KKM Angkatan XV tahap II diikuti sebanyak 650 peserta selama tiga hari 28 s/d 30 Desember 2016.

“Sebanyak 450 peserta akan ditempatkan di  tiga kecamatan dalam kabupaten Bireuen dan 200 peserta di dua kecamatan  kabupaten Pidie Jaya, untuk pengabdian yang memilih lokasi di Pidie Jaya berada di lokasi selama 30 hari, sedangkan untuk di Kabupaten Bireuen  berada di lokasi selama 45 hari”,  tambah Drs.Syarkawi,M.Ed (al)