16 Mahasiswa Jepang tiba di Umuslim

 

Sebanyak enam belas mahasiswa dari Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang tiba di Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan, Jumat(16/8). Kedatangan mereka  merupakan tindak lanjut perjanjian kerjasama yang sudah ditandatangani kedua Universitas beberapa tahun lalu.

 Menurut Rektor Umuslim Dr.H.Amiruddin Idris,SE.,MSi  saat  acara jamuan makan malam di geust house umuslim Jumat (17/8) malam, kehadiran mahasiswa NGU  merupakan angkatan ketiga, setelah angkatan sebelumnya sudah menyelesaikan studi baik di NGU Jepang maupun di Umuslim.

Sedangkan yang baru datang sebanyak 16 orang nantinya setelah mengikuti kursus intensif bahasa dan budaya Indonesia dan aceh selama dua minggu, sebagian  mereka  kembali ke Jepang, sisanyai akan menetap untuk kuliah di Umuslim selama satu tahun, papar Dr.H.Amiruddin Idris, SE,MSi.

"Umuslim juga akan mengirimkan mahasiswanya untuk mengikuti pertukaran dan kuliah di NGU Jepang" jelas H.Amiruddin Idris 

Pada kesempatan tersebut Rektor menyampaikan “Memuliakan tamu adalah bagian dari adat serta budaya Aceh yang sudah ada dari dahulu, kami menganggap tamu sebagai bagian dari keluarga besar Universitas Almuslim, dengan pengertian segala keluhan, kesulitan dan permasalahan lainnya harus dapat kita sebagai orang tuanya di sini  menyelesaikannya," ujar Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si

Amiruddin Idris berharap kepada seluruh civitas akademika untuk dapat membina dan membimbing mereka seperti mahasiswa sendiri, sehingga mereka dapat menempuh pendidikan di Umuslim dengan aman dan nyaman.

“Mereka hadir ke Umuslim untuk menempuh pendidikan dan kita harus mengganggap mereka sebagai anak dan saudara kita. Mari kita beri bimbingan dan saling menjaga tata krama, meskipun mereka berasal dari negara yang mayoritas bukan muslim, akan tetapi mereka sangat menjaga tatakrama sesama,” ujar  Dr.H.Amiruddin Idris, SE,MSi.

Kemudian pada Sabtu (17/8/2019) mereka  mengikuti Upacara HUT RI ke-74 di Stadion Cot Gapu, Bireuen, seterusnya didampingi Drs Nurdin Abdurrahman, Direktur Hubungan Internasional dan Wakil rektor II Dra.Zahara,MPd menuju Meuligoe Bireuen dijamu makan siang bersama Forkopimda Bireuen. 

Adapun nama mereka adalah Kishi Airi, Tajiri Mei, Sasaki Masaki Miyuki, Ebuchi Naho, Ohba Aimi, Kato Chika, Chisaki Haruna Matsushima Mayu, Horie Mio, Aono Tatsuya, Takahera Koga, Muraki Kosuke, Muramatsu Yuki,  Morooka Daiki, Suzuki Ryoma, Ando Kazuma, Saeki Natsuko (dosen).(HUMAS)