Libur Kegiatan Perkuliahan

Pelepasan Mahasiswa Umuslim KKM ke Thailand

Kampus Ampoen Chiek, Senin (15/05) Acara pelepasan mahasiswa yang akan mengikuti KKM ke negeri gajah putih yang dihadiri Wakil Rektor IV Dr. Sujiman A. Musa, MA, Ketua Bapel KKM Drs. Syarkawi, M.Ed, Dekan FKIP Drs. Taufik M.Pd, serta Ketua Prodi berlangsung di Kampus Ampoen Chiek Peusangan Universitas Almuslim. Turut hadir pada acara peepasan tersebut, orang tua atau yang mewakili orang tua wali mahasiswa.

"Harapan Umuslim kepergian KKM  ke Thailand akan membawa nama harum kampus, daerah Aceh, dan Indonesia secara umum," harap Wakil Rektor IV. Acara pelepasan dengan suasana kekeluargaan dan penuh kekraban berlangsung di kampus Ampoen Chiek Peusangan. (al)

 

Umuslim Gelar Wisuda Sarjana dan Ahli Madya Angkatan XXIX, Empat Orang Raih Cumlaude

AAC Ampoen Chiek Peusangan, Senin (22/05) Universitas Almuslim menggelar Wisuda Sarjana dan Ahli Madya Angkatan ke XXIX. Adapun lulusan yang megikuti wisuda  terdiri dari lulusan 6 fakultas, yaitu, Fakultas Pertanian 90 orang, FKIP 333 orang, Fikom 45 orang, Fakultas Teknik 12 orang, Fisip 43 orang dan Fakultas Ekonomi 37 orang.

Pada wisuda kali ini empat orang meraih predikat cumlaude yang rata-rata menyelesaikan kuliah selama 3 tahun 7 bulan yaitu Salma IPK 3,82 dari Prodi Pendidikan Matematika, Ola Alvista IPK 3,75, dari Prodi Pendidikan Matematika.  Zainatul Hasanah, dengan IPK 3,77, Prodi Biologi dan Mawarni, dengan IPK 3,75, juga dari Prodi  Pendidikan Biologi, keempat peraih cumlaude dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Acara wisuda yang dihadiri Ketua Kopertis Wilayah XIII Aceh Prof. Dr. Jamaluddin Idris, M.Ed, Staf Ahli Gubernur Aceh Bidang Keistimewaan Aceh, SDM dan Hubungan Kerjasama Drs. Abdul Karim, M.Si  mewakili Gubernur Aceh, Ketua DPRK Bireuen beserta anggota, perwakilan Bupati Bireun, serta Forkopimda Bireuen.

"Kami mendukung sepenuhnya Universitas Almuslim (Umuslim) yang merupakan kampus swasta terbaik di Aceh, Kopertis Wilayah XIII Aceh mengadakan pendampingan terhadap 6 prodi yang sudah meraih akreditasi B agar meraih akreditasi A, dan tidak usah khawatir karena semua yang mengikuti wisuda hari ini sudah terdaftar di pangkalan data porlap Dikti. Apalagi 90 persen prodi yang ada di Umuslim meraih predikat B, hanya beberapa yang tengah menjalani proses reakreditasi," demikian tegas Kepala Kopertis Wilayah XIIIAceh. (al)

 

 

Pengarahan Persiapan KKM Umuslim ke Thailand

Kampus Induk Umuslim, Sabtu (13/05) Bertempat di ruang Wakil Rektor IV peserta KKM Umuslim 2017 ke Thailand mendapat arahan dari Dr. Sujiman A. Musa, MA, yang juga turut dihadiri Ketua Bapel KKM Drs. Syarkawi, M.Ed, dan Kabag Humas Zulkifli, ST., M.Kom.

Pada prinsipnya baik Wakil Rektor IV, Ketua Bapel KKM, maupun Kabag Humas Umuslim mengharapkan bahwa mahasiswa yang melaksanakan KKM ke negara Thailand ini benar-benar merepresentasikan citra baik bagi Umuslim, Aceh dan juga Indonesia. Dengan demikian akan memberikan nilai-nilai positif bagi perkembangan Universitas tercinta ini ke depannya.

Acara yang penuh suasana kekeluargaan tersebut diharapkan memberikan banyak arti bagi peserta KKM Umuslim ke Thailand. (al-foto hery)

 

Silaturahmi SMA, SMK, MAN, dan MAS Kab. Bireuen dengan Umuslim

Kampus Ampoen Chiek Peusangan, Sabtu (21/05) Acara silaturahmi Kepala SMA, SMK, MAN, dan MAS Kab. Bireuen dengan Umuslim yang dihadiri jajaran Rektorat, Dekan di lingkup Umuslim untuk menjaring masukan demi peningkatan pelayanan terhadap masyarakat/mahasiswa berjalan dengan penuh kekeluargaan.

Rektor Umuslim Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si berujar; "Semua koreksi, saran serta harapan yang diutarakan kepala sekolah demi peningkatan Umuslim ke depan sangat kami apresiasi, semoga semua itu menjadi masukan bagi kami demi peningkatan kampus kebanggaan masyarakat Bireuen ini." (al)

 

REVIEW KEBIJAKAN PENDIDIKAN ISLAM

Lhokseumawe, Jum'at (12/05) bertempat di lantai III Gedung Pascasarjana IAIN Lhokseumawe berlangsung Studium Generale yang menghadirkan Dr. Abd. Mukti Bisri, M.Ag (Kasi Pembinaan Prodi-DIKTIS Kementrian Agama Republik Indonesia) sebagai nara sumber.

Acara yang dihadiri Rektor IAIN Lhokseumawe beserta jajaran Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana  beserta jajaran, Dekan, Ketua Prodi, Dosen, Mahasiswa di lingkup Pascasarjana IAIN Lhokseumawe.

Studium Generale dengan tema " Review Kebijakan Pendidikan Islam', mengangkat permasalahan tantangan pendidikan Islam. 

"Tantangannya pertama adalah kurikulum di pendidikan agama yang terdiri dari aqidah, akhlak, alqur'an, hadits, serta sejarah yang hanya disediakan  waktu pembelajaran selama 2 jam, sementara matematika/sains 14 jam, bagaimana menjawab tantangan pembangunan akhlak anak bangsa saat ini. Agama diajarkan hanya rukun-rukun dan praktik shalat akan tetapi tidak diajarkan hakikat shalat serta hakikat ibadah itu sendiri. Tantangan kedua adalah teknologi dan sains berkembang tetapi teknologi serta tatanan belajar dalam kelas serta ruangan pendidikan tidak pernah berubah dari zaman ke zaman. Tantangan ketiga kita baru menciptakan sistem pendidikan bukan menciptakan sistem entrepreneur di bidang pendidikan," demikian diutarakan Dr. Abd. Mukti Bisri, M.Ag.

Acara yang berakhir dengan tanya jawab tersebut turut hadir Al Azhar, SS., M.Sos dari Staf Khusus Wakil Rektor IV/Humas dan Kerjasama Universitas Almuslim Bireuen. (al)