Universitas Al Muslim Terlibat Dalam Kepanitiaan Acara Kenegaraan

Banda Aceh – Ahad (15/07) Menindaklanjuti pertemuan Presiden RI, Joko Widodo dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi di Jakarta pada 29-30 Mei yang lalu, Badan Pengkajian dan Pengembangan Kebijakan Kementerian Luar Negeri RI (BPPK Kemlu RI) menginisiasi Working Visit to Aceh Province and North Sumatera: Indonesia-India Bilateral Project on Indo-Pacific yang diikuti delegasi Pemerintah Pusat dari sejumlah kementerian dan Pemerintah India yang diwakili oleh Yang Mulia Mr. Pradeep Kumar Rawat (Duta Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste), Dr. Shalia Shah (Konsul Jenderal India untuk Sumatera), dan kalangan diplomatik, serta delegasi dagang dari Kepulauan Andaman dan Nicobar.

Dalam penyelenggaraan working visit ini, BPPK Kemlu RI bekerjasama dengan Kedutaan Besar India untuk Indonesia dan Timor Leste, dan lokasi penyelenggaraannya di dua provinsi, yaitu Aceh dan Sumatera Utara (8-14 Juli 2018). Adapun maksud dari kegiatan ini adalah, dengan difasilitasi Pemerintah Indonesia dan Pemerintah India, berupaya mempertemukan langsung para investor dan pengusaha dari kedua provinsi/ negara, yaitu Aceh-Sumut dan Kepulauan Andaman dan Nicobar di India. Kepulauan Andaman dan Nicobar secara geografis lebih dekat dengan Sumatera, khususnya Aceh dibandingkan dengan daratan India. Kedekatan geografis ini dapat dimanfaatkan untuk membangun kerjasama ekonomi dan perdagangan, apalagi penduduk Kepulauan Andaman dan Nicobar sangat membutuhkan impor berbagai komoditas dan produk dari Aceh dan SUMUT. Karena secara ekonomi, ongkosnya akan jauh lebih murah jika didatangkan langsung dari daratan India khususnya Chennai. Karena selama ini kebutuhan pokok penduduk di sana umumnya didatangkan dari Chennai.

Universitas Al Muslim mendapat kehormatan, menjadi satu-satunya universitas yang diikutsertakan dalam kepanitiaan acara kenegaraan ini. Dosen Prodi Hubungan Internasional (HI) FISIP Universitas Al Muslim, yaitu Teuku Cut Mahmud Aziz, S.Fil., M.A ikut serta sebagai panitia, membantu dalam mengorganisir acara ini. Rektor Universitas Almuslim, Dr. H. Amiruddin Idris, S.E., M.Si juga diundang dalam acara ini.

Dalam acara kenegaraan ini, Teuku Cut Mahmud Aziz mengajak tiga mahasiswa Prodi HI, yaitu Bilal Faranov, Azzurra Mayasyi, dan Ahsani Taqwim untuk dapat melihat langsung bagaimana mengorganisir acara kenegaraan yang melibatkan dua Negara. Di sana mereka dapat belajar bagaimana cara membangun komunikasi dan network, memulai kegiatan atau reskedul, siapa-siapa yang akan diundang, siapa-siapa yang duduk di kursi VIP, mengunjungi lapangan sebelum kedatangan duta besar, dimana lokasi berhentinya mobil rombongan delegasi, siapa yang menerima, dan sebagainya, serta juga dapat mengenal Duta Besar, Konsul Jenderal, sejumlah diplomat Indonesia dan India. Di sana mereka dapat berkenalan dengan sejumlah pengusaha Aceh dan India dan pejabat pemerintahan. Menjadi pengalaman yang berharga, karena ketiga mahasiswa ini bercita-cita menjadi diplomat. Di kegiatan ini dapat menjadi ajang praktik langsung bagi mereka yang mengambil Mata Kuliah Kerjasama Internasional dan Paradiplomasi. 

Hal yang menarik lainnya dan menjadi tantangan tersendiri, Teuku Cut Mahmud Aziz meminta langsung kepada Bilal Faranov, Azzurra Mayasyi, dan Ahsani Taqwim untuk membantu panitia, menjadi penerjemah bahasa Inggris bagi para delegasi dagang India dan penerjemah bahasa Indonesia bagi para pengusaha Aceh. Bilal Faranov juga sempat menjadi MC Penyerahan Bingkisan dari Pelindo I ke perwakilan Pemerintah India, perwakilan Kementerian Luar Negeri RI, perwakilan Delegasi Dagang India, perwakilan Perusahaan India di Jakarta, dan perwakilan Kemenko Maritim RI  di Pelabuhan Malahayati, Aceh Besar. Sungguh pengalaman indah dan tak terlupakan! (Bilal-PIP Umuslim)

 

Dekan FKIP Umuslim Inspektur Apel Pagi

Kampus Induk, Senin (02/07) Seperti biasa pada hari Senin di awal bulan di kampus Universitas Al Muslim (Umuslim) diadakan apel pagi sebagai sarana membina hubungan silaturahmi yang baik antar sivitas akademikanya. Untuk kali ini di awal bulan Juli 2018 yang bertindak sebagai inspektur, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)            Drs. M. Taufiq, M.Pd. 

Pada kesempatan tersebut Taufiq berujar; " Konsolidasi dan kebersamaan kita dalam menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2018-2019, serta setiap orang akan melaksanakan tugasnya sesuai dengan kapasitas yang merupakan tanggung jawab yang dipercayakan kampus kepada masing-masing orang. Sehingga apa yang kita harapkan akan memperoleh hasil yang maksimal."

Usai apel masing-masing kembali ke tempat tugas masing-masing, apalagi hari ini seleksi masuk mahasiswa baru tahun akademik 2018-2019. Tempat pelaksanaan seleksi ujian masuk dilakukan di kampus Ampoen Chiek Peusangan. (PIP Umuslim)

Pasangan Maulida Mahasiswa FISIP Umuslim Juara III Win-Ipak Takengon 2018

Takengon, Ahad, (08/07)  Gedung Olah Seni, Maulida mahasiswi semester VI prodi Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Almuslim  Peusangan Kabupaten Bireuen berhasil meraih juara III pemilihan Duta Wisata Win Ipak Takengon Kabupaten Aceh Tengah tahun 2018 .

Malam final pemilihan Duta Wisata yang berlangsung di Gedung Olah Seni Takengon dengan diikuti ole 10 finalis putra dan putri. Dara kelahiran 1 Agustus 1996 ini berhasil menyisihkan ratusan peserta  yang lain, tapi kandas di babak final untuk mengapai rangking pertama.

Maulida mengungkapkan rasa haru dan senang mengikuti acara tersebut walaupun belum berhasil meraih nilai tertinggi, " ini menjadi pengalaman dan ilmu yang sangat berharga bagi saya untuk mendapatkan ilmu di luar perkuliahan" ungkap Maulida sambil tersenyum

Adapun tahapan seleksi yang dijalankan hingga terpilih sepuluh besar finalis untuk memasuki babak penilaian akhir oleh dewan juri di malam final. Proses penilaian didasarkan beberap katagori, seperti sosial budaya, agama, syariat Islam, psikologi, public speaking, dan beberapa hal lainnya, jelas salah seorang panitia. (PIP-Humas Umuslim)

 

Rektor Umuslim Melepas Peserta KKM/PPL ke Thailand Selatan

Kampus Ampoen Chiek Peusangan, Kamis (21/06) Rektor  Universitas  Al Muslim (Umuslim) yang diwakili Wakil Rektor III/Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Ir. Saiful Hurri, M.Si melepas 5 (lima) orang mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) untuk mengikuti KKM/PPL ke Thailand Selatan. Kegiatan yang dikoordinir oleh Kantor Urusan Internasional bekerja sama dengan Bapel KKM dan Koordinator  PPL .

Kegiatan kuliah kerja mahasiswa yang dibarengi dengan PPL atau Program Pengalaman Lapangan  yaitu suatu program yang merupakan ajang penelitian terpadu utnuk menerapkan berbagai ilmu pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam rangka pembentukan guru yang profesional 

Keseluruhan mahasiswa yang  dilepas kali ini berasal dari FKIP dan telah menyiapkan diri secara matang baik dalam bidang keilmuan mengajar maupun Bahasa. Program ini sudah memasuki angkatan  ke-3, KKM/PPL kali ini  akan berlangsung selama tiga setengah bulan.  

Rektor beserta  seluruh unsur pimpinan Umuslim mengharapkan program ini akan terus berlanjut dan  akan terus mengirimkan kandidat terbaiknya untuk mengajar di sekolah sekolah di luar negeri.

Adapun nama-nama peserta KKM/PPL Thailand Selatan adalah sebagai berikut:

1. Muyassir FKIP Prodi  Bahasa Inggris 

2. Maulina Akhyar FKIP Prodi  Bahasa Inggris

3. Silmi Hajriani FKIP Prodi Bahasa Inggris

4. Rauzatul Jannah FKIP Prodi Bahasa Inggris 

5. Nurhaiyu FKIP Prodi Matematika 

Acara pelepasan yang dihadiri Kabapel KKM Drs. Syarkawi Abdullah, M.Ed, Koordinator PPL Drs. Faizin, M.Pd, Kabag. Kemahasiswaan  Rahmad, S.Sos., MAP, Kabag Humas Zulkifli, M.Kom, Kepala Pusat Informasi dan Promosi Al Azhar, SS., M.Sos, perwakilan Dekan, Ketua Prodi serta wali mahasiswa.

"Tunjukkan di dunia Internasional bahwa mahasiswa Umuslim dari Matangglumpangdua Bireuen dapat berkiprah dan tidak ketinggalan dengan mahasiswa lain dari seluruh Indonesia, realisasikan motto kita unggul, profesional dan islami sehingga kita dapat duduk sejajar dengan Universitas lain yang ternama dari berbagai daerah", harap Rektor Umuslim. (PIP Umuslim)

Hasil Kunjungan Kepala Bapel PPL Umuslim ke Thailand Selatan

Kampus Ampoen Chiek Peusangan,Senin (02/07) Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Al Muslim (Umuslim), Bapak Drs. Nurdin Abdul Rahman, M.Si dan Sekretaris KUI, Bapak Teuku Cut Mahmud Aziz, S.Fil., M.A yang didampingi Staf Khusus KUI, Ratna Walis, S.Pd melakukan pertemuan dengan Bapak Faizin, M.Pd selaku Kepala Bapel Program Pengalaman Lapangan (PPL) Umuslim di Kantor KUI. Pertemuan ini dalam rangka membicarakan hasil pendampingan Bapak Faizin, M.Pd selaku Kepala Bapel PPL kepada para mahasiswa Umuslim selama di Thailand Selatan yang mengikuti Program Magang PPL/ KKM ke sekolah-sekolah di sana. Kegiatan yang diikuti mahasiswa ini akan berlangsung selama  4 bulan. 

Perjalanan kali ini sangat memberikan kesan yang baik sekali dikarenakan 2 penjajakan MOU masing masing dengan Prince Narasiwat University (PNU) Thailand dan sekolah-sekolah Ma'had di Thailand Selatan disambut dengan baik sekali, dan Bahkan MOU ini juga diharapkan dapat segera terealisasi dalam waktu dekat baik dengan mengundang pihak Umuslim ke PNU atau sebaliknya. 

Kepala Bapel PPL Umuslim juga melakukan perjalanan keliling Thailand Selatan dipandu oleh tim dari Badan Alumni Thailand, sebuah Badan yang bekerjasama dengan kampus Umuslim dalam program PPL/KKN- LN yang mana Umuslim sebelumnya telah mengirim 3 angkatan sejak tahun 2016. Kata Kepala Bapel PPL; “Kampus Umuslim sangat dihormati di sana.” Mereka menyatakan keinginannya; “Kami rindu ingin ke Umuslim.” (KUI-PIP Umuslim)

Umuslim Mengadakan Program Summer Course

Kampus Ampoen Chiek Peusangan, Sabtu (09/06),  Bertempatdi ruang rapat Ampoen Chiek Peusangan , Rektor Universitas Al Muslim (Umuslim) mengundang para wakil Rektor,  dekan, kepala bagian,  dan juga ketua prodi yang terkait dalam rapat yang  membahas tentang program dari Kantor Urusan International (KUI) yaitu program summer course dengan Mahasiswa Nagoya Gakuin Jepang yang dicanangkan akan dimulai pada bulan September 2018  mendatang.  

KUI yang dikepalai oleh Bapak Drs. Nurdin Abdul Rahman, M.Si menyatakan  bahwa prospek summer program ini akan sangat bagus dan juga akan dikembangkan ke banyak negara -negara lain. Menurut beliau pada bulan September mendatang Umuslim kedatangan mahasiswa Nagoya Gakuin University yang mengikuti pertukaran mahasiswa di Umuslim selama 2 (dua) semester. (PIP Umuslim)

 

Subcategories