Ramadhan Camp LDK-Formada Umuslim

Kampus Umuslim, Kamis (17/05), Unit kegiatan mahasiswa(UKM)  Lembaga Dakwah Kampus(LDK) Forum Mahasiswa Dakwah (Formada) Universitas Al Muslim (Umuslim) Matang Glumpangdua kembali mengadakan Ramadhan Camp (perkemahan Ramadhan)  pada tanggal 19s/d21 Mei 2018 bertempat di Kampus Timur Universitas Al Muslim.

"Kokohkan Hati dengan Iman Taklukkan Dunia dengan Al-qur'an, itulah tema yang diangkat pada tahun ini kegiatan ini bertujuan untuk pembekalan rohani pembiasaan karakter keislaman kepada mahasiswa-mahasiswi dan siswa-siswi tingkat sekolah menengah  atas (SMA)", terang Indra Maulana sebagai panitia kegiatan.

Dakwah adalah salah satu usaha yang di lakukan untuk menyeru manusia kepada jalan kebenaran serta kembali kepada fitrahnya, yaitu menyembah Allah dan memurnikan tauhid, tugas dakwah tidak hanya tertuju kepada salah seorang di antara kita, namun dakwah berhak dilakukan oleh setiap individual muslim untuk mengajak kepada kebenaran dan menjauhi segala larangan. Islam adalah agama yang luhur, agama yang memberi keselamatan kepada ummat di seluruh alam, dengan nilai-nilai Islam dan pribadi yang Islami manusia akan di hadapkan dengan kehidupan yang nyaman, bermartabat, berpendidikan, politik yang bersih, sehingga menciptakan pemimpim-pemimpin yang intelektual dan berakhlaqul karimah.

Sejauh ini dakwah kampus semakin berkembang sesuai dengan fitrahnya, perkembangan dakwah kampus saat ini tentunya tidak terlepas dari founding father dakwah kampus yang menjadi patron bagi para generasi selanjutnya.

Lembaga dakwah kampus merupakan sebuah wadah yang menampung segala bentuk potensi yang dimiliki oleh pemuda-pemuda yang mana pemuda merupakan sebuah pilar yang akan menjadikan bangsa dan negara khususnya daerah lebih maju, ketika pemuda yang merupakan bagian dari masyarakat mampu melaksanakan dan ambil andil dalam  setiap peran yang harus mereka lakukan mereka akan menjadi director of change ( direktur perubahan ) oleh karena itu, peran LDK ( Lembaga Dakwah Kampus) di harapkan dapat memberikan kontribusi yang memajukan kampus khususnya dan daerah pada umumnya.

Mahasiswa merupakan salah satu aset yang penting bagi kampus. Mereka merupakan agen penggerak perubahan di kampus ini yang selanjutnya akan memegang kepemimpinan dunia di masa mendatang.

Di era globalisasi ini, persaingan dalam dunia kerja semakin ketat.Ditambah lagi dengan teknologi yang semakin maju sehingga menuntut permintaan tenaga ahli yang terampil di bidangnya. RC ( Ramadhan Camp ) adalah salah satu kegiatan LDK FORMADA Umuslim yang di adakan setiap tahun dan dilaksanakan setiap bulan Ramadhan yang dibuat untuk open recruitment demi terbentuknya mahasiswa binaan LDK FORMADA UMUSLIM.

Kegiatan Ramadhan Camp ini diyakini mampu meningkatkan kepercayaan diri dan semangat belajar dan berorganisasi dalam menciptakan inovasi dan pengembangan kreativitas mahasiswa. Jika kegiatan ini berjalan sesuai rencana, maka besar harapan terbentuknya mahasiswa-mahasiswa binaan muda profesional yang siap bersaing dan menjawab tantangan global serta memiliki pandangan dan ide luar biasa untuk masa depan.

Kegiatan Ramadhan Camp adalah sebuah program yang diadakan oleh Lembaga Dakwah Kampus (LDK) FORMADA Universitas Al Muslim sebagaimana diperlukan oleh fisik mahasiswa/i saat ini,  mengajak mereka untuk kembali berkomitmen terhadap prestasi-prestasi mereka. Sekaligus menyapa untuk memberikan motivasi,  dan berbagai solusi mendekatkan diri kepada Allah dan mencoba mencari penyelesaian permasalahan yang dihadapi generasi muda.(PIP Umuslim)

 

Putra Bireuen Rajai Ronde Nasional Panahan

Banda Aceh, Ahad (06/05) Seperti yang dilaporkan oleh Ahmad, M.Pd dosen PGSD Universitas Al Muslim Bireuen yang juga atlit serta pelatih cabang olah raga panahan, putra daerah Cot Uno, Bireuen merajai ronde nasional jarak 50m, 40m 30m dan total Jarak ronde nasional dan mencatat skore rekor baru pada event Panahan di Aceh. M. Iqbal Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Al Muslim semester 8, yang bernaung di bawah Klub Panahan SAGENA Bireuen berlatih di Lapangan Panahan Sukma Bangsa Berhasil mendulang 4 Medali Emas.

Tidak mau kalah dengan Juniornya Putra Pante Gajah Peusangan, Bireuen Dhia Rahmat Archery juga sebagai guru Penjas di SMP Sekolah Sukma Bangsa Bireuen yang bernaung di klub yang sama SAGENA BIREUEN, Merajai Ronde Recurve Jarak 70m sesi 1 70m sesi 2 dan Total Jarak 2 Sesi 70m mempersembahkan 3 Medali emas untuk kontingen Kota Banda Aceh. Diperkuat oleh atlet panahan Diva, AAn, Xavin Siswa SMP dan Daffa Siswa SMA Sekolah Sukma Bangsa Bireuen Bireuen yang luar biasa, dan tahan banting dilapangan meskipun umur masih belia generasi penerus panahan Bireuen.

Didampingi langsung oleh coach Ahmad, M.Pd. Total 7 medali Emas berada pada peringkat 2 Juara Umum pada Event Target Day yang diselenggarakan PENGPROV. PERPANI ACEH, 5-6 Mei 2018, sebagai event pemantauan prestasi atlet untuk menuju Kejurnas Panahan 2018 PORA 2018, PraPon 2019 dan PON 2020. Sedangkan pelajar sebagai Pemanasan menuju POPNAS 2019. Aceh  Teuga. (Ahmad-PIP Umuslim)

 

PENGUMUMAN LIBUR PUASA DAN HARI RAYA IDUL FITRI 1439 H

(PIP Umuslim)

Dosen, Staf Serta Alumni Umuslim Berpartisipasi pada FLS2N SD Kabupaten Bireuen

Bireuen, Sabtu (28/04)  Acara Festival lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)Tingkat Kabupaten Bireuen yang dipusatkan di gedung Setdakab Lama , dan juga menggunakan fasilitas Sekolah  Dasar di seputaran tempat tersebut. Ajang festival tahunan ini sangat menarik bagi siswa Sekolah Dasar karena merupakan ajang bergengsi yang dapat membawa harum nama sekolah ke tingkat Provinsi atau juga ke tingkat nasional.

Dosen, staf, serta alumni Universitas Almuslim (Umuslim) selalu terlibat dalam ajang tahunan ini sebagai juri, kali ini tampak Mukhlis , M.Pd dosen FKIP pada cabang lomba baca puisi, Al Azhar, SS., M.Sos dosen Prodi Hubungan Internasional FISIP pada cabang lomba pantomim, Sri Wahyuni, S.Pd staf FKIP pada cabang tari, Dicky pada cabang Menyanyi solo, Said Auia, S.Sos pada cabang pantomim.

Bertindak sebagai pembaca hasil perlombaan Rasyidin, S.Sn., M.Sn dosen ISBI Aceh yang juga bertindak sebagai juri pantomim.Cabang lomba membatik juara I diraih Miratul Hayati dari SDN 1 Bireuen, juara II Wida Najwa dari SDN 28 Peusangan, juara I diraih Lisa Annisa dari SDN 3 Peusangan Siblah Krueng.Untuk cabang lomba pidato Bahasa Indonesia juara I di menangkan oleh Aura Gadiza Effendi dari SD Sukma Bangsa Bireuen, juara II Akmal Munzir dari SDN 6 Peusangan, sedangkan juara III diraih oleh  Ayub dari SDN  Makmur.

Pada cabang lomba lain yaitu Gambar Bercerita juara I Rahmaida dari SDN 3 Percontohan peusangan, juara II Maghfirah SDN 4 Juli, sedangkan juara III Zalia Riska dari SDN 18 Bireuen. Untuk cabang lomba tari kreasi juara I diraih SDN 3 Peusangan Siblah Krueng, juara II diraih SDN4 Peusangan, sedangkan juara III SD Sukma Bangsa Bireuen. Untuk cabang lomba penyanyi solo juara I diraih Zalfa SDN 3 Percontohan Peusangan, juara II Siti Alya SDN 1 Gandapura, sedangkan juara III Zahratul Cita Muhammad SD Sukma Bangsa Bireuen.

Sementara pada cabang lomba pantomim juara Idimenangkan oleh Muhammad Fahreza dari SDN 1 Bireuen, juara II Firdaus SDN 2 Peusangan Siblah Krueng, terakhir juara III Muhammad Ikram SDN 5 Makmur. (PIP Umuslim)

 

Rektor Umuslim Bertindak Sebagai Inspektur Apel Pagi

Kampus Induk Umuslim, Senin (07/05) Di hadapan sivitas akademika Universitas Al Muslim, yang dihadiri para Wakil Rektor, Dekan, Ka. Biro, Ka.UPT, dosen, staf dan karyawan Dr.H. Amiruddin Idris, SE., M.Si mengajak agar keluarga besar Universitas Almuslim meningkatkan effesiensi di berbagai bidang, sehingga pengeluaran tidak menjadi sia-sia. Sebagai contoh mematikan peralatan elektronik, lampu, dan alat pendingin ruangan ketika berakhir jam kerja.

"Lebih merasa memiliki kampus ini, sehingga tidak terjadi pembiaran atas kegiatan atau tingkah laku yang akan merugikan kampus tercinta, dan saya memberikan apresiasi kepada rekan-rekan di kebersihan yang bekerja maksimal sehingga kampus ini dapat diperhitungkan jika dibandingkan dengan kampus-kampus lain secara kebersihan", ungkap Rektor dengan jujur.

Rektor lebih lanjut menyatakan bahwa apel ini adalah silaturahmi kita dalam melihat perkembangan yang ada di kampus ini dan rasa saling memiliki sehingga kita dapat saling memperbaiki demi kemajuan ke masa-masa yang akan datang. (PIP Umuslim)

Dewan Perwakilan Mahasiswa dan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Umuslim Adakan Pelatihan Administrasi Ormawa

Kampus Induk Umuslim, Senin (25/04) Bertempat di Ruang Rapat Lantai 1 Biro Rektor, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM)Universitas Almuslim (Umuslim) Adakan Pelatihan Administrasi Ormawa dengan tema;"Selaras dalam Administrasi, Harmoni dalam Organisasi". Acara yang dibuka oleh Kabag Kemahasiswaan Rahmad, S.Sos., MAP mewakili Wakil Rektor III yang berhalangan hadir.

Acara direncanakan berlangsung 2 (dua) hari sejak 25 s/d 26 April 2018, yang diikuti oleh 20 (dua puluh) orang peserta dari Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) di lingkup Umuslim.

"Pelatihan ini diharapkan menyamakan persepsi serta keteraturan sistem administrasi di lingkup Ormawa Umuslim sehingga mewujudkan kinerja yang benar-benar tertata secara baik dan harmoni", ungkap Oki Iskandar sebagai Ketua Pelaksana Pelatihan. (PIP Umuslim)

 

Subcategories