Mahasiswa Umuslim Selesaikan KKM di Thailand dan Sudah Kembali ke Kampus

Kampus Ampoen Chiek Peusangan, Sabtu (25/03) Sebanyak enam mahasiswa Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan telah menyelesaikan program pengabdian  praktek lapangan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM)  di tiga propinsi Thailand Selatan, Thailand.

Kepulangan enam mahasiswa tersebut disambut  Rektor Umuslim Dr.H.Amiruddin Idris,SE.,MSi beserta beberapa dosen dalam satu acara yang berlangsung di ruang rapat  Ampon Chiek Peusangan, Kampus Umuslim.

Pada kesempatan penyambutan Rektor Umuslim mengucapkan terimaksih atas pengabdian yang dilakukan mahasiswa Umuslim di negara anggota Asean itu selama lima  bulan.

“Dari tujuh yang kita kirim, enam berhasil sukses dan telah dijemput kembali pulang ke kampus,  setelah menyelesaikan pengabdiannya. Sedangkan satu orang lagi telah kembali dua bulan lalu, karena  orang tuanya meninggal,” ujar Rektor.

Tak lupa Rektor Umuslim imengucapkan syukur Alhmadulillah, karena menurut penilaian tim, selama mereka melakukan pengabdian di salah satu negara ASEAN tersebut, mereka dianggap sukses.

“Dengan menjadi guru mengajar berbagai ilmu termasuk budaya dan adat istiadat di  sejumlah lembaga pendidikan dan pesantren yang ada di 3 provinsi di Thailand Selatan,” tambah beliau lagi.

Rektor menambahkan bahwa  mahasiswa KKM itu telah membawa nama baik kampus,daerah dan negara  serta menjalankan amanah dengan sukses. Sehingga Thailand meminta  kembali kepada Umuslim, agar dapat mengirimkan lagi mahasiswa  untuk tahap kedua yang akan dimulai bulan Mei mendatang.

Rektor Umuslim didampinggi Direktur Hubungan Internasional Umuslim Drs.Nurdin Abdurahman,MSi,  menjelaskan, misi pengiriman mahasiswa ke Thailand  dalam rangka mengikuti salah satu program yang dilaksanakan Kemenristek Dikti melalui Kopertis wilayah XIII.

“Untuk meningkatkan kerjasama Internasional perguruan Tinggi di Indonesia dengan beberapa lembaga pendidikan yang ada di Thailand. Pada tahap awal ini, mahasiswa kita telah sukses membawa misi pendidikan ini dan sudah kembali dan akan mengikuti perkuliahan di kampus Umuslim seperti biasa,” Rektor menjelaskan.

Kepulangan mahasiswa tersebut dari Thailand dijemput Ketua Badan Pelaksanaa (Bapel) KKM Drs.Syarkawi,M.Ed.

Pada acara pertemuan penyambutan para mahasiswa yang baru pulang tersebut, mereka menceritakan berbagai suka dan duka selama tinggal di berbagai pesantren dan sekolah di Thailand Selatan.

Saat mereka menceritakan hal tersebut hampir rata-rata meneteskan air mata, karena terbawa kesedihan baik tentang suka duka selama berada di Thailand. Apalagi warga muslim khususnya memperlakukan mereka begitu baik bagaikan di kampung sendiri. (al-ikh)