Manajemen Puasa Disampaikan Dr.H.Danil, M.Ag

Masjid Baiturahman Lhokseumawe, Rabu (07/06) Dr. H. Danil, M.Ag Direktur Program Pascasarjana IAIN Lhokseumawe pada ceramah ramadhan di masjid Baiturahman menyampaikan;“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

"Dari ayat tersebut kita dapat melihat dengan jelas adanya kaitan antara puasa dengan keimanan seseorang. Allah Ta’ala memerintahkan puasa kepada orang-orang yang memiliki iman, dengan demikian Allah Ta’ala pun hanya menerima puasa dari jiwa-jiwa yang terdapat iman di dalamnya. Dan puasa juga merupakan tanda kesempurnaan keimanan seseorang, sehingga dengan puasa akan memperoleh derajat taqwa," tambah Dr. Danil, M.Ag.

"Kalau orang awam menilai puasa bukan melalui agama, atau dari manajemen secara umum maka ada beberapa unsur penting dalam manajemen yaitu, Man (Sumber daya Manusia) Unsur manajemen yang paling vital adalah sumber daya manusia, kemudian Money (uang),  Materials (bahan baku), Machines (Peralatan Mesin), Methods (metode), dan Market (pasar). Apakah manusia sebagai sumber daya manusia sudah melakukan yang diwajibkan oleh Allah, kemudian apakah penggunaan uang lebih efisien atau lebih ketika di bulan ramadhan, atau penggunaan material seperti makanan secukupnya, atau berlebihan, sedangkan menggunakan peralatan seperti gadget secara terukur.  Sehingga tidak seperti zaman sekarang niatnya pergi ke kedai kopi untuk minum bersama-sama akan tetapi ketika sampai mereka asyik dengan hp (gadget) masing-masing. Hubungan silaturahmi yang direncanakan secara psikologis tak tercapai. Capaian yang akan dicapai dengan metode ukhuwah tak tercapai karena masing-masing larut dengan keegoan masing-masing. Sebagai market adalah apakah kita telah mendidik anak-anak kita, generasi kita agar tidak diatur oleh alat, sehingga dia dapat bercermin dan belajar dari orang tua dan gurunya, bukan generasi yang kehilangan pegangan karena sudah asyik dengan dunia maya tanpa kendali." 

Ceramah ramadhan yang dilaksanakan di masjid Baiturahman dihadiri begitu banyak jamaah walaupun puasa telah memasuki hari yang kedua belas, dan dengan begitu antusias mendengarkan ceramah Dr, Danil, M.Ag. (al)