PMK3I Kabupaten Bireuen Diadakan di Umuslim

Kampus Ampoen Chiek Peusangan Matangglumpangdua, Selasa (14/11) Uji Petik Penilaian Mandiri Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia (PMK3I) diadakan di kampus Ampoen Chiek Peusangan Matangglumpangdua Bireuen. Acara yang dihadiri Tim Asesor Badan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Tim dari Badan Ekonomi kreatif (Bekraf) tampak hadir Arif Sugiono, Suriadi, Ajib, Dea, dan Lili.

Sebagai pembuka kata  dalam pelaksanaan 'Uji Petik' tersebut Rektor Universitas Almuslim (Umuslim) Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si selaku tuan rumah tempat pelaksanaan. Hadir dari Rektorat Umuslim beserta jajaran, Ka. Biro Umum, Ka. Biro Akademik, Ka. Pusat Informasi dan Promosi, akademisi, Pemda Bireuen, komunitas antara lain; Juang Cinema, Phobia Community Bireuen, Sanggar Mirah Delima, Sanggar Jeumpa Putih, dan pelaku bisnis tampak hadir Mudi Photo Studio.

"Ketika sebuah sub sektor dijadikan sebagai pilihan maka akan dipikirkan proses dari hulu sampai hilir harus penuh kreatifitas. Kreatifitas sendiri bila dilakukan tanpa pengetahuan berarti semuanya tidak memiliki arti.  Sehingga proses 'Transfer of Knowledge' antara akademisi dengan sub sektor pelaku kreatifitas sangat dibutuhkan. Apalagi pengertian entrepreuneur yang selama ini tidak dibedakan dengan personal worker", ungkap Arif Sugiona selaku asesor.

Uji petik yang dilaksanakan merupakan penelusuran yang dilakukan Bekraf dalam mengarahkan sub sektor kreatifitas apa yang menjadi pilihan masyarakat Kabupaten Bireuen dalam pembinaan Kabupaten/Kota Kreatif. Menurut tim asesor semua ditentukan oleh masyarakat Bireuen, Bekraf hanya mengarahkan dan menjembatani pilihan tersebut yang pada akhirnya memberikan jalan dalam pelaksanaan ekonomi kreatif sehingga tidak tergantung pada hasil apa yang selama ini yang telah ada di Kabupaten Bireuen. (PIP Umuslim)