Mahasiswa HI Umuslim Berdiskusi dengan Kepala Museum dari Auckland, New Zealand

Matangglumpangdua, Rabu (27/12) mahasiswa Prodi Hubungan Internasional (HI) Universitas Almuslim (Umuslim) yang terdiri dari Azzura Mayasyi, Akhsani Taqwim, dan Tiara Raudhatul Husna bersilaturahmi ke rumah keluarga salah seorang Dosen HI Umuslim, Teuku Cut Mahmud Aziz, S.Fil., M.A, yang biasa disapa “Poncut” di Matangglumpangdua. Di sana mereka berkenalan dengan Jacky yang berasal dari Swiss yang merupakan Kepala Bagian dan Kepala Proyek di New Zealand Maritim Museum di Auckland, New Zealand. Sebutan New Zeland di Indonesia lebih dikenal dengan nama Selandia Baru. Dalam bahasa Maori, penduduk asli Negara Selandia Baru menyebutnya New Zealand dengan "Aotearoa" yang berarti 'tanah berawan putih panjang'.

Selandia Baru merupakan negara maju dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi. Demikian juga dengan 'indeks pembangunan manusianya'. Negara ini terkenal dengan keindahan alam yang begitu menakjubkan yang merupakan impian bagi para petualang dan sutradara film dunia sehingga sering dijadikan lokasi shooting film-film Hollywood terkenal seperti Trilogy The Lord of The Rings & The Hobbit, Chronicles of Narnia, The Last Samurai, Wolverine & The Hobbit Trilogy, Vertical Limit, The Piano, The World's Fastest Indian, dan King Kong.

Jacky datang ke Aceh dalam rangka liburan, ikut dengan kakak dan abangnya Pak Poncut yang telah lama menetap di New Zealand. Kunjungannya ke Aceh merupakan kunjungan pertama baginya. Ia mengatakan, ia begitu terkesan dan menikmatinya.. “Orang-orang Aceh, ramah-ramah, murah senyum, dan baik-baik. Ikatan dan kekompakkan keluarganya begitu kental (big family), yang tidak pernah ia rasakan dan temukan selama di Selandia Baru". ungkap Jacky. Ia berjanji akan datang lagi ke Aceh pada tahun berikutnya.

Jacky, Azzura Mayasyi, Akhsani Taqwim, dan Tiara Raudhatul Husna berdiskusi banyak hal mulai dari budaya, museum, maritim, pendidikan, ekonomi, dan politik internasional. Mereka berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Ketiga Mahasiswa HI ini bergitu percaya diri dan kemampuan bahasa Inggris sangat baik. Jacky begitu senang dapat berkenalan dengan Azzura Mayasyi, Akhsani Taqwim, dan Tiara Raudhatul Husna. Katanya, ia akan menunggu ketiga mahasiswa ini di Selandia Baru. Semoga dengan pertemuan ini dapat menumbuhkan semangat kepada ketiga mahasiswa ini untuk semakin giat dan tekun belajar. (PIP Umuslim)