Seni Pertunjukan Kreatif Tari Ratoh Jaroe dan Seni Tari Kreasi Sukses digelar di Umuslim

Matangglumpangdua, Kamis (28/12) Acara Seni Pertunjukan Kreatif Tari Ratoh Jaroe dan seni Tari Kreasi yang digagas oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Himagusda) Universitas Almuslim (Umuslim) berjalan sukses. Tampak hadir jajaran Dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, jajaran Prodi PGSD. Sementara dari kampus B Lhokseumawe  hadir Koordinator yaitu Dr. Sujiman A. Musa, MA, beserta staf.

Pihak Umuslim hadir dari Pusat Informasi dan Promosi Al Azhar, SS., M.Sos, untuk penjurian hadir dosen teater dari Institut Seni Budaya Indonesia (Isbi) Aceh Rasyidin, M.Sn, Evan dan Alvia sebagai pakar di bidang tari.

Kegiatan seni pertunjukan yang begitu megah ini terlaksana berkat tangan dingin Angga Eka Karina, M.Sn sebagai dosen seni di PGSD Umuslim, serta Zunuanis, S.Pd alumni FKIP Umuslim sebagai praktisi tari yang mengabdikan diri di kampus Umuslim.

Pertunjukan yang menampilkan 3 (tiga) grup tari ratoh jaroe dan 3 (tiga) grup tari kreasi, pada penghujung acara Rasyidin, M.Sn atau yang lebih dikenal sebagai Wig Rasyidin menampilkan tampilan seni berupa seni tutur 'warisan' Adnan PMTOH yang memukau penonton di Aula Academic Center Ampoen Chiek Peusangan.

"Pertunjukan seni ini memang dilaksanakan oleh Himagusda PGSD FKIP Umuslim tetapi penampilan panggungnya sudah setara dengan pertunjukan buat artis terkenal", ujar Ahmad, M.Pd selaku Ketua Prodi PGSD.

Kegiatan ini selain menghadirkan orang tua wali mahasiswa, mahasiswa, juga kalangan mayarakat umum terutama siswa SLTA, yang sudah barang tentu akan memberikan kesan yang mendalam tentang kiprah mahasiswa Umuslim sehingga akan menimbulkan minat untuk memilih kampus kebanggaan masyarakat Bireuen ini sebagai destinasi mereka setelah tamat sekolah nanti.

Penataan panggung, sound system, lighting serta seni pertunjukan yang mumpuni yang dibuat tidak asal jadi, membuat acara seni pertunjukan ini tidak ditinggalkan pengunjung hingga acara ini benar-benar usai.

"Kemenangan adalah bonus bukan tujuan utama, akan tetapi yang terpenting alumni PGSD Umuslim nantinya benar-benar memiliki kemampuan lebih, sehingga ketika terjun ke masyarakat akan memiliki nilai tambah yang membuat mereka sukses di masa mendatang", ungkap Angga Eka Karina. (PIP Umuslim)