PELATIHAN PUBLIC SPEAKING DI MAN 2 TAKENGON DIGELAR MAHASISWA KKM UMUSLIM

Aceh Tengah - Kamis (22/02) Setelah sukses menggelar Pekan Kreatifitas Anak (PKA) dan Pelatihan Komputer bagi aparat desa di Kecamatan Bebesen, Aceh Tengah, Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Universitas Almuslim Bireuen  kembali menggelar satu program unggulan yaitu Pelatihan Public Speaking Tingkat Pelajar, dengan tema "Good Communication for Better Presentation ". Kegiatan yang berlangsung di aula MAN 2 Takengon itu mendapat apresiasi yang luar biasa dari pihak sekolah dan juga antusiasme para pelajar yang begitu bersemangat mengikuti acara ini.

Koordinator Mahasiswa Kecamatan Bebesen, Di Mutazar mengatakan, program ini digelar untuk mengasah keterampilan berbicara para pelajar, guna menjadi good speaker dan meningkatkan kemampuan berkomunikasi yang lebih baik.

Sementara itu, pemateri utama yang juga tercatat sebagai mahasiswa KKM Angkatan XVI tahap II sekaligus Duta Mahasiswa Universitas Almuslim 2017. Reza Nazarli, "Saya mau adik-adik berani berbicara di depan umum dan mampu memerangi rasa takut, gugup atau nervous menghadapi orang banyak. Public Speaking sangat penting, apalagi nanti kalian setalah tamat SMA, akan melanjutkan ke perguruan tinggi atau berhadapan dengan dunia kerja, tentunya sangat menuntut kita untuk terampil berbicara sebagai modal besar untuk menuju kesuksesan."

Dalam kesempatan tersebut, pemateri yang kesehariannya sebagai MC dan penyiar radio di Kabupaten Bireuen, mempraktikkan cara menjadi Public Speaker yang baik serta membagikan  tips-tips untuk belajar Public Speaking di rumah secara otodidak. Training yang berlangsung selama 90 menit itu berjalan dengan kondusif dan interaktif. Pemateri selalu melibatkan interaksi dengan audience dalam menyampaikan materi,bahkan beberapa kali trainer meminta audience untuk maju ke depan mempraktikkan materi yang telah disampaikan.

Wakil Kepala Bidang Humas, MAN 2 Takengon, Zuyyana,M.Pd. mengatakan;" Kami sangat senang dan bangga dengan kedatangan adik-adik mahasiswa dari Umuslim, melakukan pelatihan Public Speaking ke Sekolah kami, karena sangat memotivasi siswa/i kami, khususnya kelas XII untuk berlatih keterampilan berbicara yang baik. Saya pribadi berharap,agar kegiatan seperti ini bukan kedatangan pertama dan terakhir, tapi kami menunggu kedatangan adik-adik lagi ke Sekolah kami". disusul dengan senyum khas  Zuyyana.

Dalam kesempatan singkat, Duta Mahasiswa Almuslim, Koordinator Mahasiswa dan Wakil, juga mengajak adik-adik kelas XII untuk melanjutkan pendidikan ke Universitas Almuslim, Bireuen. Acara berakhir dengan tertib pukul 11.00 WIB dengan lantunan doa oleh Muhammad Zaki. Di Akhir acara, pemateri menyampaikan bahwa kunci sukses menjadi pembicara adalah 'tidak pernah berhenti untuk belajar serta selalu produktif untuk memperbaiki diri. Setalah melakukan closing, Reza Nazarli meminta seluruh panitia, pihak sekolah dan audience untuk berfoto bersama sebelum meninggalkan ruangan. (PIP-Azar)