Dosen HI Salah Seorang Narasumber Acara Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca

Bireuen - Rabu (18/04) Sekda Bireuen, Ir. Zulkifli, M.Si pada saat  membuka Safari Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca di Provinsi dan kabupaten/kota Tahun 2018 yang digelar, di Aula Setdakab Lama berujar;"Guna meningkatkan pengetahuan, maka kita harus bersama-sama menggelorakan kembali langkah serius, agar masyarakat tetap gemar membaca".

.“Kami dari pemerintah Bireuen mengapresiasi Perpustakaan Nasional yang telah  menggelar acara Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di Kabupaten Bireuen,” sambung Sekda Bireuen.

Ke depan, tambah Zulkifli perlu ditingkatkannya minat baca sejak kecil dengan dikembangkannya Perpustakaan sekolah, perguruan tinggi, di gampong-gampong,  maupun dayah di wilayah kecamatan.

“Program ini akan memberikan dampak positif di tengah masyarakat, apa lagi Bireuen merupakan salah satu dari 19 kabupaten/kota di Indonesia yang memperoleh penghargaan literasi prioritas dari pemerintah,” sebutnya.

Kegiatan yang  yang mengusung tema implementasi revolusi mental melalui mobilisasi pengetahuan dalam rangka meningkatkan indeks literasi masyarakat, dihadiri anggota DPR RI dari Komisi X Drs. H. Anwar Idris, juga jajaran MPU Kabupaten Bireuen serta jajaran  pejabat pemerintahan Kabupaten Bireuen.

Drs. Deni Kurniadi, M.Hum selaku Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpustakaan Nasional RI,  dalam arahannya menyebutkan, upaya meningkatkan minat baca dan menumbuhkembangkan budaya gemar membaca di Indonesia telah mengangkat figur menjadi Duta Baca Indonesia (DBI).

“Tugas utama Duta Baca Indonesia ini sebagai motivator nasional, guna peningkatan minat baca di tengah-tengah masyarakat,” ujar beliau.

Sebagai narasumber pada kegiatan tersebut, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca Perpustakaan Nasional RI, Drs. Deni Kurniadi, M.Hum,  Kepala Perpustakaan dan Arsip Provinsi Aceh,  Zulkifli, S.Pd., M.Pd dan  Dosen Prodi Ilmu Hubungan Internasional, yang juga Kepala Pusat informasi dan Promosi Universitas Al Muslim Bireuen  Al Azhar, S.S., M.Sos yang menampilkan presentasi secara talk show.

Sambutan dari audiens yang begitu besar ditutup dengan acara tanya jawab dengan ketiga narasumber, di akhir acara diberikan door prize berupa buku bagi audiens yang memberikan pertanyaan kepada narasumber. (PIP Umuslim)