Dosen Umuslim di Majalah Economica FEB UI

Pada hari Sabtu 15 September 2018 "Majalah Economica" yang dimotori kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia menerbitkan edisi ke-60. Penerbitan ini akan menghadirkan sesuatu yang baru, dengan mempersembahkan Launching Majalah Economica 60 dengan tema "Leisure Economy: Melirik Ekonomi Hiburan & Liburan" yang menghadirkan ekonom ternama, Dr. Faisal Basri; Penulis Buku The Naked Traveler, Trinity; Deputi Pemasaran Badan Ekonomi Kreatif, Joshua M. Simanjuntak; Founder Warunk Upnormal, Stefanie Kurniadi; dan lain sebagainya yang dikemas dalam acara talkshow peluncuran majalah economica. Menurut Badan Otonom Economica [Launching Majalah Economica 60] "Generasi saat ini melakukan konsumsi bukan sekadar memenuhi kebutuhan dasar, melainkan untuk mendapatkan kepuasan dan ketenangan dari hiburan seperti melancong, menonton film ataupun konser." 

Walaupun majalah ini merupakan majalah ekonomi namun mengemas berbagai persoalan ekonomi dengan berbagai sudut pandang. Sebagaimana dalam edisi ke-60 ini ada ulasan sejarah yang memuat hasil inverview tim redaksi kepada Teuku Cut Mahmud Aziz, Dosen FISIP Universitas Al Muslim.

Keberadaan majalah ini telah melewati sejarah yang panjang. Seperti terulas dalam "Sejarah" yang dimuat http://www.economica.id/about-us/: "Badan Otonom Economica Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (BOE FE UI) merupakan salah satu lembaga otonom di lingkungan FE UI yang memiliki kompetensi inti di bidang jurnalistik keilmuan. Berdiri sejak 31 Mei 1978 di kampus lama, Salemba UI, bidang jurnalistik keilmuan menjadi keunggalan komparatif yang dimiliki BOE FE UI karena tak hanya berperan sebagai lembaga pers mahasiswa yang menjadi bentuk kompetensi di bidang jurnalistik, BOE FE UI juga melakukan kajian dan penelitian yang menjadi wujud nyata aktivitas BOE FE UI di bidang keilmuan.

Sejak tahun 1978 telah banyak produk yang dihasilkan dan kegiatan yang dilakukan oleh BOE FE UI. Produk yang dihasilkan BOE FE UI yaitu koran kampus Economica Papers, majalah Economica, Interupsi, Agenda UI, UI Guide, dan jurnal ilmiah Mini Economica. Sementara kegiatan yang dilakukan BOE FE UI yaitu Journalist Days, Documentary Days, Diskusi Publik, Diskusi Bedah Buku, Penelitian Daerah, dan Urban Research.

Struktur organisasi BOE FE UI terdiri dari Pengurus Inti (PI) yang beranggotakan Ketua Umum, Sekretaris Umum dan Bendahara Umum yang menjalankan fungsi pengurus harian organisasi. Di samping itu, setara dengan kedudukan PI, terdapat Internal Audit yang bertugas mengawasi keuangan organisasi. Pelaksanaan program kerja BOE FE UI ditangani oleh empat divisi dan tiga biro yang didasarkan pada kompetensi inti BOE FE UI. Empat divisi ini adalah Divisi Penelitian, Divisi Kajian, Divisi Penerbitan dan Divisi Proyek serta tiga biro yaitu Biro Pengembangan Sumber Daya Manusia, Biro Hubungan Luar serta Biro Ecomedia.

Selama berdirinya, BOE FE UI telah melahirkan alumni-alumni yang ahli dan profesional di bidangnya. Antara lain Sri Mulyani (Direktur Pelaksana World Bank), M. Chatib Basri (Menteri Keuangan), Pahala Mansyuri (Managing Director of Finance & Strategy Bank Mandiri), Tere Liye (Novelis), Rudyan Kopot, Rhenald Kasali, Anton Hermanto Gunawan, Ninasapti Triaswati, Arianto A. Patunru, dan masih banyak lainnya yang berkecimpung di dunia pendidikan, ekonomi, pemerintahan, dan sosial budaya.

Semoga semangat yang dilakukan mahasiswa Universitas Indonesia menginspirasi kita di Universitas Al Muslim.. (PC-PIP Umuslim)