KUI Melakukan Observasi Lapangan untuk Homestay Mahasiswa Jepang di Tanah Anoe dan Tanjong Mesjid

Peusangan, Sabtu (22/09), Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI), Drs. Nurdin Abdul Rahman, M.Si, Sekretaris KUI, Teuku Cut Mahmud Aziz, S.Fil., M.A, dan Staf KUI, Ratna Walis, S.Pd yang didampingi oleh Jumhuri, Mahasiswa Prodi Hubungan Internasional melakukan observasi di Gampong Tanoh Anoe di Kecamatan Jangka dan Gampong Tanjong Mesjid yang berada di Kecamatan Peusangan, dengan maksud untuk melihat secara langsung kondisi gampong yang akan dijadikan lokasi homestay bagi mahasiswa Nagoya Gakuin University (NGU) Jepang yang diterima dalam Program Pertukaran Mahasiswa di Universitas Al Muslim. Dari kedua gampong yang dikunjungi ini, salah satunya akan dipilih dengan mempertimbangkan sejumlah hal, menjadi gampong lokasi homestay bagi 2 (dua) Mahasiswa NGU. Di sana mereka akan menginap dan berbaur dengan masyarakat dan akan berada di gampong tersebut selama 2 (dua) hari 1 (satu) malam.

Di Gampong Tanoh Anoe, tim KUI menemui Sekdes dan di Gampong Tanjong Mesjid menemui geuchik. Kedua tokoh masyarakat ini merupakan sahabat dari Jumhuri. Beliau yang menghubungi perangkat gampong tersebut sebelum kedatangan tim KUI. Sejumlah hal dibicarakan dalam kaitan dengan homestay dalam kerangka dan lingkup cross cultural understanding dan adat istiadat Aceh. Kedua tokoh masyarakat ini menyatakan jika gampong mereka menjadi pilihan lokasi homestay maka mereka akan menerima dengan senang hati dan akan menyampaikan ke masyarakat, dan memperlakukan kedua mahasiswa Jepang sebagai bagian dari keluarga mereka.

Kegiatan homestay ini merupakan bagian dari kegiatan intensive class selama 2 (dua) minggu yang khusus diberikan kepada kedua Mahasiswa NGU sebelum mengikuti kuliah reguler di Kelas Internasional di Universitas Al Muslim. Sebelum mengikuti kuliah di mana bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar, terlebih dahulu mereka akan dibekali dengan belajar bahasa Inggris dan bahasa Indonesia yang dirangkai dengan kegiatan outbound dan homestay. Kegiatan hometsay merupakan vacation or other period abroad spent staying in the home of a local family. Di sana mereka akan belajar budaya dan cara hidup masyarakat setempat. (PIP Umuslim)