Dua Orang Mahasiswa Umuslim Lolos ke ON MIPA-PT Tahun 2017 Tingkat Nasional

Kampus Umuslim, Kamis (06/04) Sebagai rangkaian Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) Tahun 2017, telah dilaksanakan seleksi tingkat wilayah pada tanggal 22-23 Maret 2017 di 17 (tujuh belas) kota. Berdasarkan hasil penilaian tim juri, telah dinyatakan peserta yang lulus sebanyak 256 orang (64 mahasiswa per bidang), yang berhak mengikuti seleksi tingkat nasional yang akan diselenggarakan di Semarang.

Alhamdulillah Universitas Almuslim Pada Tahun 2017 ini meloloskan 2 (dua) jawara yaitu Elga Safitri dari bidang matematika dan Ela Miza dari bidang Fisika. Sebagai Informasi bahwa perwakilan dari kopertis XIII dalam ON MIPA Tingkat Nasional adalah sebanyak 12 Peserta dari 4 Bidang yaitu matematika, fisika, kimia dan biologi. Peringkat pertama diwakilkan oleh Unsyiah sebanyak 8 peserta, peringkat kedua Universitas Almuslim dengan 2 peserta, berikutnya masing2 1 peserta dari Ubudiyah dan Jabal Ghafur. Alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan untuk mengikuti event ON MIPA tingkat nasional sebagai peserta terbanyak kedua yang mewakili wilayah XIII. (al-fach)

 

Mahasiswa Hubungan Internasional Juara Pertama Debat Bahasa Inggris

Kampus Umuslim, Kamis (06/04) Lomba Debat Bahasa inggris Tingkat Perguruan Tinggi yang diadakan di Umuslim yang berlangsung 05/04 s/d 06/04 dimenangkan oleh pasangan Bilal Faranov dan Husnul Fuadi yang merupakan mahasiswa Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Umuslim.

Kebanggaan yang luar biasa bagi mahasiswa Hubungan Internasional karena prodi ini baru dibuka dan memasuki semester dua.

Mahasiswa Hubungan Internasional di dalam Bulan September mendatang akan mengikuti pertukaran mahasiswa dengan Gakuin University Jepang atas nama Melisha.

"Universitas Almuslim bangga dengan prestasi mahasiswanya, apalagi ini merupakan prodi baru, mudah-mudahan upaya Rektor Dr. H. Amiruddin Idris, SE., M.Si beserta jajarannya tidak sia-sia dalam mengembangkan kampus tercinta ini," ungkap Wakil Rektor IV Dr. Sujiman A. Musa , MA. (al)

Seleksi ON MIPA PT Tingkat Wilayah Digelar di Kampus UNIDA

Banda Aceh, Kamis (23/03) Seleksi Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) tingkat wilayah tahun 2017 dilaksanakan secara serentak di empat belas wilayah  (22 s.d 23 Maret 2017). Adapun bidang ON MIPA yang diperlombakan, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Untuk Wilayah XIII pelaksanaan ON MIPA dipercayakan Ristek Dikti kepada Kopertis Wilayah XIII Aceh. Adapun Perguruan Tinggi yang berpartisipasi pada perlombaan ON MIPA ini sebanyak 13 Perguruan Tinggi baik PTN maupun PTS dengan peserta sebanyak 250 orang yang tersebar dalam 4 (empat) bidang.

Dalam ON MIPA PT tahun 2017 ini Universitas Almuslim (Umuslim) mengikut sertakan 9 orang Mahasiswa, yaitu masing-masing 3 peserta pada bidang matematika, Fisika dan Biologi. Kita harapkan ada perwakilan dari kita yang lolos ke tingkat ON MIPA Nasional yang direncanakan akan dilaksanakan di Yogyakarta.

Sebagai informasi bahwa pada tahun sebelumnya kita meloloskan 3 peserta ketingkat ON MIPA PT tingkat Nasional di Jakarta, yaitu bidang Matematika, Fisika, dan Biologi. Tahun lalu kita menjadi Nomor 2 terbanyak meloloskan peserta dari wilayah XIII. Peringkat pertama terbanyak berasal dari Unsyiah. Di bawah kita ada Serambi Mekkah dan Universitas Samudra Langsa masing meloloskan satu peserta.

"Kami sangat mengharapkan dukungan dari seluruh Civitas Akademika Umuslim untuk kesuksesan 9 srikandi kita yang sedang berlomba pada ON MIPA PT Tingkat Wilayah Tahun 2017", ungkap Fachrurrazi Abbas, M.Pd selaku pimpinan rombongan. (al-fach)

Bidan Harus Mandiri di Tengah-Tengah Masyarakat

Kampus Ampoen Chiek Peusangan, Sabtu (18/03) Diploma Kebidanan harus mampu mandiri dan bisa mengabdi dengan keahliannya di tengah-tengah masyarakat. Dengan keahlian yang dimiliki, bidan dapat membuka praktek, baik perorangan maupun kelompok.

Demikian menurut Rektor Umuslim, Dr. H.Amiruddin Idris, SE., M.Si dalam sambutannya pada prosesi pelantikan 85 lulusan Sarjana Diploma III Kebidanan Umuslim di Auditorium Academic Center (AAC) Ampon Chiek Peusangan, Kampus Umuslim.

“Lulusan yang dilantik ini, ilmunya sudah bisa dipraktekkan di masyarakat karena sudah lulus uji kompetensi dan berhak untuk mengurus  Surat Registrasi,” menurut Rektor.

Lanjutnya, seseorang yang sudah berprofesi sebagai bidan, harus dapat lebih mandiri dan mau membantu masyarakat yang membutuhkan tenaganya.

“Pekerjaan bidan di gampong-gampong sangat mulia, tentunya bekerja dengan ikhlas, santun serta mampu menolong warga miskin. Ini merupakan amal ibadah yang luar biasa,” urai Rektor lebih lanjut.

Kegiatan pengambilan sumpah 85 lulusan kebidanan ini dilanjutkan dengan pelantikan sebagai anggota Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Bireuen.

Prosesi pelantikan lulusan menjadi anggota Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dilakukan Wakil Ketua IBI Provinsi Aceh, Ratna Ramlah. Harapannya, lulusan Kebidanan Umuslim agar dapat mengabdikan ilmunya di tengah-tengah masyarakat dan lebih mengedepankan keikhlasan dalam menolong sesama.

Direktur Diploma III Kebidaanan Umuslim, Nurhidayati, M.Ph dalam sambutan menyampaikan, lulusan yang dilantik hari ini merupakan lulusan Angkatan VII dan sudah lulus Uji Kompetensi.

Di samping itu sekitar 31 mahasiwa lagi belum lulus dan belum bisa dilantik. Mereka sedang dalam pembinaan ujian kompetensi bersama angkatan berikutnya.

“Sesuai  aturan saat ini, lulusan kebidanan yang boleh dilantik menjadi anggota IBI adalah lulusan yang sudah lulus uji kompetensi, sedangkan yang belum lulus tidak diperkenankan mengikuti  pelantikan,” jelasnya.

Pelantikan 85 lulusan Sarjana Diploma III Kebidanan Umuslim tersebut, turut dihadiri pengurus  Ikatan Bidan Indonesia Provinsi Aceh, jajaran Dinas Kesehatan Bireuen, kepala Puskesmas, Bidan Mitra Bireuen, Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe.(al-zul)

Subcategories

You are here: Home News and Events