Dosen fikom kenalkan teknologi IoT di bidang pertanian

 

Dosen Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim melakukan  kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Gele Lah, Kecamatan Bebesan Kabupaten Aceh Tengah, Minggu, (1/9/2019). 

Menurut ketua tim pelaksana Imam Muslem R, M.Kom, “Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan kegiatan rutin tiap semester yang dilakukan oleh tim pelaksana kegiatan pengabdian yang terdiri dari dosen tetap Fakultas Ilmu Komputer sebagai wujud aplikasi  Tri darma perguruan tinggi. 

Adapun kegiatan yang dilaksanakan adalah sosialisasi pemanfaatan teknologi Internet of Things bidang teknologi otomatisasi pertanian, mitra kegiatan yang dipilih adalah salah satu kebun hidroponik milik PKK (Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga) desa Gele Lah.

Tanaman tersebut sekarang sudah  memproduksi tanaman selada untuk disalurkan ke pasar baik yang ada di wilayah Kabupaten Aceh Tengah, maupun wilayah Kabupaten sekitarnya. 

Menurut salah satu anggota tim pelaksana kegiatan, Dedy Armiady, M.Kom, “kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat Aceh tengah, khususnya Desa Gele Lah yang mayoritas mata pencaharian bertani dan berkebun untuk paham dan sadar dengan perkembangan dan pemanfaatan teknologi Internet of Things, salah satunya adalah teknologi otomatisasi pertanian, yang mana teknologi ini sangat besar peranannya dalam meningkatkan hasil produksi pertanian dan perkebunan”, ujar Dedy. 

Imam menambahkan, Kegiatan ini dilatarbelakangi laporan dari Mahasiswa Universitas Almuslim  yang sedang melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Kabupaten Aceh Tengah, bahwa aktivitas perkebunan dan pertanian di Kabupaten Aceh Tengah masih menggunakan metode manual dan konvensional serta sama sekali belum menerapkan teknologi Internet of Things untuk meningkatkan hasil produksinya. 

Makanya kita turun ke lapangan untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan hasil perkebunannya, terlebih lagi salah satu tanaman yang saat ini dibudidayakan oleh mitra adalah tanaman selada, permintaannya tinggi, bahkan pasar di Bireuen sendiri mengirim selada dari Kabupaten Aceh Tengah juga”, jelas Imam.  

Dengan adanya kegiatan ini, tim pelaksana berharap agar masyarakat paham dengan pemanfaatan teknologi otomatisasi pertanian yang dapat meningkatkan hasil produksi pertanian dan perkebunan. Tim pelaksana kegiatan juga berharap agar Kabupaten Aceh Tengah menjadi Kabupaten Pilot Project penggunaan teknologi pertanian dan perkebunan untuk wilayah provinsi Aceh.(HUMAS)

You are here: Home News and Events Dosen fikom kenalkan teknologi IoT di bidang pertanian