Mahasiswa NGU Jepang KKM di Bener Meriah

 

Dua orang mahasiswa dari Nagoya Gakuin University (Jepang) yang sedang kuliah  mengikuti program pertukaran mahasiswa  di Universitas Almuslim Peusangan Bireuen mengikuti program Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) di Kabupaten Bener Meriah.

Kedua mahasiswa tersebut bernama Ando Kazuma (Laki-laki) dan Horie Mio (Perempuan), mereka akan ditempatkan masing-masing satu di kecamatan Bukit dan satu lagi kecamatan Timang Gajah, kedua mahasiswa dari negeri matahari terbit tersebut  bergabung dengan 191mahasiswa umuslim yang disebar di dua kecamatan dan masing-masing kecamatan 16 kampung.

Mereka akan ditempatkan di Kecamatan Timang Gajah 96 orang  dalam 16 desa, kemudian 95 mahasiswa lainnya ke Kecamatan Bukit juga  16 desa.
Penyerahan mahasiswa KKM umuslim tersebut diserahkan Wakil Rektor  umuslim Dr.H.Hambali,SE.,MPd kepada pemerintah daerah kabupaten Bener Meriah diterima langsung Bupati  Tgk H.Sarkawi, beretempat di halaman Kantor Bupati,Rabu (29/1/2020) sore.

Menurut Kepala Badan Pelaksana (Bapel) KKM Drs Syarkawi M.Ed seperti disampaikan wakil rektor umuslim, jumlah mahasiswa yang kkm sebanyak 191 mahasiswa terdiri dari 125 perempuan dan 66 laki-laki, dua diantaranya adalah mahasiswa Jepang yang sedang kuliah di Umuslim.

Dalam arahannya Bupati Bener Meriah  mengharapkan, para mahasiswa kkm umuslim agar bisa menjadi duta Kabupaten Bener Meriah dalam  mempromosikan kopi Gayo, dan objek wisata yang ada di Kabupaten Bener Meriah, apalagi ada yang dari Jepang, silakan nikmati alam Bener Meriah yang indah dan penuh kedamaian, jelas Abuya Sarkawi.

Masyarakat Bener Meriah sangat terbuka dan senang menjadi lokasi KKM mahasiswa umuslim, apalagi Universitas almuslim (Umuslim) merupakan salah satu universitas swasta terbesar dan terbaik di aceh, papar Bupati yang sering berpenampilan memakai kain sarung ini.

Banyak objek wisata dan pengolahan kopi silakan nikmati sepuasnya, serta sekarang juga lagi ada  perlombaan pacuan kuda, silakan nonton ajak  Abuya Sarkawi.

Bupati juga memastikan, mahasiswa yang terjun ke masyarakat akan dibantu oleh Reje kampung, Camat, Forkopimcam, Kapolsek, Danramil, jadi silakan lakukan pengabdian di Bener Meriah untuk mengaplikasikan berbagai ilmu dan melatih kehidupan sosial bermasyarakat.

Sebelumnya, Wakil rektor I Universitas Almuslim Dr.H.Hambali, SE, MPd, menjelaskan bahwa Kabupaten Bener Meriah menjadi pilihan lokasi KKM umuslim, karena hubungan baik yang sudah terjalin selama ini.

Begitu juga sambutan masyarakatnya juga cukup baik dan sangat nendukung program yang kami laksanakan, jadi sangat terbantu program pengabdian mahasiswa ini, jelas H.Hambali.

Hal ini juga terlihat saat penjemputan mahasiswa oleh Reje di kantor camat untuk dibawa ke kampung lokasi penempatan, terlihat Reje sangat senang dan bahagia, ada Reje saat menjemput mahasiswa datang bersama dengan isteri dan anaknya, sungguh pemandangan persauadraan yang luar biasa bagi masyarakat Bener Meriah dalam menyambut mahasiswa KKM.

Mahasiswa berada di kampung selama satu bualn penuh dan mereka akan dibimbing oleh 8 orang dosen pembimbing, setiap dosen Pembimbing Lapangan (DPL) akan mensupervisi empat desa.(HUMAS)

You are here: Home News and Events Mahasiswa NGU Jepang KKM di Bener Meriah