Universitas Almuslim peroleh izin dari Kemendikbud selenggarakan program PPG

 Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan dalam waktu dekat akan melaksanakan program  Pendidikan Profesi Guru (PPG), hal tersebut setelah Universitas swasta terbaik aceh dua kali berturut-turut  mendapat izin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia.

Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Izin Pembukaan Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) pada Universitas Almuslim bernomor: 97/M/2020 tersebut diserahkan Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 13 Aceh Prof. Dr. Faisal, S.H., M.Hum. kepada Plt. Rektor Universitas Almuslim Dr. Hambali, M.Pd, didampingi Wakil Ketua Yayasan Almuslim .PeusanganDr.Amiruddin Idris, S.E., M.Si, Selasa (11/2)

Dengan diberikan izin kepada Universitas Almuslim untuk menyelenggarakan program PPG, maka di Provinsi aceh baru dua perguruan tinggi yang sudah mendapatkan izin penyelenggaraan, yaitu Universitas Syiah Kuala Banda Aceh dan Universitas Almuslim Peusangan Bireuen.
Berdasarkan SK tersebut universitas almuslim diizinkan untuk menyelenggarakan Pendidikan Profesi Guru (PPG) untuk tiga bidang studi, ketiga bidang studi tersebut  Matematika, Biologi dan Guru Sekolah Dasar, selain itu  Universitas Almuslim juga  diizinkan untuk menyelenggarakan PPG Prajabatan dan PPG dalam Jabatan.

Pada saat prosesi penyerahan SK tersebut  Kepala LLDikti Wilayah 13 Aceh Prof. Dr. Faisal, S.H., M.Hum mengucapkan selamat kepada Universitas Almuslim yang telah dipercaya oleh pemerintah untuk menyelenggarakan PPG, ianya  berharap kepercayaan tersebut dapat dijalankan  dengan baik melalui pelaksanaan PPG yang bermutu.

Lebih lanjut, Kepala LLDikti Wilayah 13 Aceh juga mengharapkan agar Pelaksanaan PPG di Universitas Almuslim tidak hanya fokus pada akademik semata, tetapi juga pada pembentukan karakter guru sehingga dapat berimplikasi pada pembentukan karakter peserta didik nantinya.
Pada kesempatan tersebut Dr. Amiruddin Idris, S.E., M.Si, mewakili  Yayasan Almuslim Peusangan mengucapkan rasa syukur atas diberikannya izin penyelenggaraan PPG di Universitas Almuslim, upaya melahirkan program ini merupakan suatu perjuangan yang cukup lama dan melelahkan, ujar H.Amiruddin Idris yang sekarang telah menjadi anggota DPRA.

“Alhamdulillah hari ini telah kita terima SK  dan  menjadi momentum dalam upaya membantu pemerintah untuk menghasilkan guru yang profesional, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan kedepan sesuai harapan Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, Umuslim satu-satunya PTS di Aceh yang mendapat izin,” ujar  H.Amiruddin Idris.

Menurut H.Amiruddin Idris,  PPG merupakan layanan pendidikan profesi yang diselenggarakan bagi lulusan perguruan tinggi yang ingin menjadi guru profesional dan bagi guru yang ingin memperoleh sertifikat pendidik profesional. Lahirnya program PPG di Universitas Almuslim dapat membantu pemerintah dalam menjalankan Undang-undang tersebut mengamanatkan kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, selain itu tentunya akan sangat membantu masyarakat khususnya lulusan keguruan daerah ini untuk tidak perlu jauh-jauh untuk melanjutkan pendidikan PPG, ungkap H.Amiruddin Idris.

Acara penyerahan SK tersebut berlangsung di Kantor LLDikti Wilayah 13 Aceh turut dihadiri Sekretaris, Pejabat Eselon III dan Eselon IV dalam lingkup LLDikti Wilayah 13 Aceh, Perwakilan Pengurus Yayasan Almuslim Peusangan, Dekan FKIP dan Ketua PPG Universitas Almuslim.(HUMAS)



 

 

You are here: Home News and Events Universitas Almuslim peroleh izin dari Kemendikbud selenggarakan program PPG