Dosen dan mahasiswa Fikom sosialisasi teknologi berbasis Less Contact Economy (LCE) pada UKM di masa Pandemi Covid-19


Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim (Umuslim) Peusangan Bireuen melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlokasi di Desa Seuneubok Aceh, Kecamatan Peusangan, Kabupaten Bireuen.
Tim Dosen dalam pengabdian ini  melakukan sosialisasi pemanfaatan teknologi informasi dalam bentuk aplikasi berbasis Less Contact Economy (LCE), dilakukan sejak tanggal 19 November 2020 lalu.

Menurut ketua tim pengabdian fikom umuslim  Zulkifli, M.Kom, kegiatan yang dilakukan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku usaha tradisional agar paham dengan perkembangan teknologi yang merubah pola pasar berbasis Less Contact Economy (LCE), terlebih pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Kondisi pandemi Covid-19 telah merubah mayoritas perilaku masyarakat dalam menjalankan ekonomi. Aktivitas ekonomi seperti jual beli harus ikut menyesuaikan dengan kondisi terkini dengan meminimalisir kontak antara penjual dan pembeli, jelas Zulkifli,M.kom.

Adapun mitra yang dipilih dalam kegiatan pengabdian ini yaitu usaha keripik ubi bermerek dagang cita rasa milik Pak Maimun, usaha ini sudah dirintis pak Maimun  sejak tahun 1996, selama ini sistem proses dan penjualan masih secara manual dan jangkauan pemasaran juga terbatas.

Usaha keripik ubi ini sebenarnya merupakan salah satu produk unggulan daerah, dikarenakan selama ini masyarakat sangat familiar dengan keripik ubi Bireuen. Menurut anggota tim pengabdian, T. Rafli Abdillah,  masyarakat dari luar Kabupaten Bireuen pada umumnya apabila berkunjung ke Bireuen belum lengkap rasanya apabila belum membeli keripik ubi Bireuen untuk dibawakan sebagai buah tangan untuk keluarga, ujar T.Rafli yang lama bermukim di Jawa Barat.

You are here: Home News and Events Dosen dan mahasiswa Fikom sosialisasi teknologi berbasis Less Contact Economy (LCE) pada UKM di masa Pandemi Covid-19