Umuslim Akan Mengintegrasikan E-Learning Dalam Proses Perkuliahan

Kampus Induk, Jum'at (22/07) Umuslim secara resmi akan mengintegrasikan 'e-learning' dalam proses perkuliahan pada semester ganjil tahun akademik 2016-2017. Hal tersebut sesuai dengan Surat Keputusan Rektor Universitas Almuslim Nomor; 776/SK/Umuslim/PG.2016 tertanggal 24 Juni 2016 tentang 'Pedoman Penyelenggaraan Proses Belajar Mengajar e-Learning' di lingkup Universitas Almuslim Bireuen Aceh.

"Kami dari pihak Umuslim mendukung sepenuhnya program e-Learning ini sehingga diharapkan mahasiswa akan lebih mudah dalam menerima ilmu pengetahuan dari proses belajar mengajar tidak hanya dari ruangan kelas secara formal," demikian tegas Drs. Marwan Hamid, M.Pd selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik.

E-Learning Universitas Almuslim merupakan sarana pembelajaran on-line yang dikembangkan untuk melengkapi perkuliahan tatap muka yang dilakukan secara konvensional. Melalui e-Learning, para dosen dapat menyajikan materi perkuliahan berupa teks, web, animasi, multimedia, e-book, presentasi, diskusi, ujian, tugas dan aktifitas lainnya secara on-line, sehingga mahasiswa dapat mengakses materi perkuliahan tersebut tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat. Diprogramkan mahasiswa dan dosen Umuslim akan mendapatkan akun untuk mengakses e-Learning Umuslim.

E-Learning Umuslim  dikembangkan dengan menggunakan aplikasi Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment (Moodle). Moole merupakan platform e-Learning atau Learning Management System  (LMS) yang dapat digunakan dengan gratis dan dapat dikembangkan secara bebas. Selain gratis dan bebas dikembangkan, Moodle juga mudah untuk digunakanterutama bagi pengguna yang sering menggunakan internet seperti browsing dan email. Oleh karena itu, tidak mengherankan menggunakan Moodle sebagai portal e-learning institusinya. Hal tersebut terlihat di mana Moodle telah diterjemahkan ke dalam 70 bahasa.

Demi mendukung pengintegrasian e-learning di Umuslim,akan diadakan pelatihan penggunaan e-learning untuk dosen pada hari Senin tanggal 25 Juli 2016, di Laboratorium Komputer Umuslim. 

Mahasiswa dan dosen dapat mengunduh petunjuk penggunaan e-learning Umuslim; http://elearning.umuslim.ac.id/ . Untuk memberikan pelayanan terbaik Umuslim telah mengembangkan mobile e-learning yang dapat diinstall pada smartphone android, sehingga pengguna dapat mengakses e-learning Umuslim melalui smartphone. Aplikasi tersebut dapat diunduh melalui web site e-learning Umuslim. (al-mrm)

 

You are here: Home News and Events Umuslim Akan Mengintegrasikan E-Learning Dalam Proses Perkuliahan