Rektor umuslim hadiri Bimtek Program Pengembangan Industri Benih Padi IPB 3S kerjasama Kemenristek Dikti-IPB Bogor

 

Rektor umuslim Dr.H.AmiruddinIdris,SE.,MSi bersama Dekan Fakultas Pertanian Umuslim Ir.T.M.Nur,MSi  menghadiri   Bimtek tentang keunggulan benih padi IPB 3S dan Teknologi IPB Prima Program Pengembangan Industri Benih Padi IPB 3S di sentra produksi padi, bagi petani di tiga kecamatan dalam kabupaten Bireuen kerjasama Kemenristek Dikti-IPB Bogor, berlangsung di desa Cot Puuk kecamatan Gandapura, Rabu (10/10/2018).

Bimtek sosialisasi benih padi tersebut disampaiakan Dr Ahmad Junaedi, wakil Dekan Fakultas Pertanian Bidang Sumberdaya dan Kerjasama dan Candra Budiman, SP, MSi, Dosen Dept. Agronomi dan Hortikultura Institut Pertanian  (IPB) Bogor.

Benih ini merupakan produk baru hasil penelitian IPB dengan Kemenristekdikti, dan sudah terbukti hasil panennya lebih dua bahkan bisa tiga kali lipat dari benih biasa, tahan terhadap beberapa hama penyakit dan  hasil produksinya  tinggi. “Apabila petani mau merawat dengan baik, umur 112 hari setelah tanam sudah bisa dipanen dengan hasil mencapai 11 ton per-hektar, produksi rata-rata 6-7 ton per-hektar,” jelasnya.

Kemudian Rektor Umuslim Dr.H.Amiruddin Idris dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa pihak kampus umuslim siap mengambil peran dan melibatkan diri dalam hal sosialisasi benih padi hasil penelitian akademisi IPB ini. 

 

Tambahnya lagi keterlibatan pihaknya dalam hal ini sebagai wujud implementasi tri dharma Perguruan tinggi untuk membantu masyarakat. 

"Umuslim melalui fakultas pertanian siap bekerjasama dan terlibat bersama IPB dan Kemenristekdikti untuk meningkatkan hasil panen petani melalui benih unggul ini", jelas Rektor umuslim H.Amiruddin Idris.

Kegiatan Bimtek  selain  dihadiri anggota DPR RI, wakil ketua DPRK Bireuen, ketua kelompok tani, tokoh masyarakat dan ratusan petani petani dari tiga kecamatan juga hadir  Iskandar, Analisis Inovasi Industri Bahan Baku, Jimmy Akhmadi Staf Direktorat Inovasi Industri  Kemenristek Dikti dan Nazi, SP, Joint Operation Seed Center Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian IPB -PT Botani Seed Indonesia.

Usai acara Bimtek pada kesempatan tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan benih padi dari anggota DPR RI komisi X Anwar Idris kepada sejumlah petani di tiga kecamatan..

 

 

 

 

You are here: Home News and Events Rektor umuslim hadiri Bimtek Program Pengembangan Industri Benih Padi IPB 3S kerjasama Kemenristek Dikti-IPB Bogor