Do not miss this great opportunity ...

http://aicst.umuslim.ac.id/index.php

BPM Umuslim

Visi BPM Umuslim

 Terciptanya sistem penjaminan mutu universitas yang unggul, professional dan Islami.

 

Misi BPM Umuslim

 1.      Merumuskan dokumen mutu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI)

 2.      Meningkatkan nilai akreditasi program studi dan institusi

 3.      Melaksanakan sistem penjaminan mutu tridharma perguruan tinggi dan unit-unit kerja

 4.      Melakukan monitoring dan evaluasi internal terhadap tridharma pergururuan tinggi dan unit-unit kerja secara berkala dan berkelanjutan.

 5.      Melaksanakan kerjasama dengan lembaga penjaminan mutu perguruan tinggi lain untuk meningkatkat mutu sumber daya manusia, tata kelola dan layanan

 

Tujuan BPM Umuslim

1.      Menghasilkan dokumen mutu Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) sesuai Standar minimal SNPT

2.      Menghasilkan kualitas sumber daya manusia sesuai kebutuhan stakeholder

3.      Meningkatkan pengelolaan dan kepemimpinan capaian kegiatan pada program studi dan unit-unit kerja di lingkungan Universitas Almuslim.

4.      Meningkatkan sistem penilaian program studi  dan institusi dari evaluasi mutu internal menjadi evaluasi mutu eksternal 

Sasaran Badan Penjaminan Mutu Umuslim

1.        Meningkatkan mutu pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan standar yang telah ditetapkan

2.        Meningkatkan mutu lulusan sesuai dengan standar kompetensi lulusan

3.        Mengembangkan mutu tata kelola seluruh unit kerja

4.        Meningkatkan nilai akreditasi program studi dan institusi

 Strategi Pencapaian 

Untuk mencapai tujuan dan target sasaran tahun 2013-2018 perlu ditetapkan beberapa strategi pencapainya sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan monitoring dan evaluasi serta audit mutu internal dalam pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat agar sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan
  2. Menjamin mutu kurikulum program studi memuat kompetensi lulusan yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan
  3. Sosialisasi dan workshop penjaminan mutu internal kepada seluruh unit kerja
  4. Pendampingan akreditasi program studi.

untuk lebih jelas klik :http://bpmumuslim.blogspot.com

 

 

 

ORGANISASI MAHASISWA

RESIMEN MAHASISWA (MENWA)

Resimen Mahasiswa (MENWA) adalah bela Negara yang paling ideal di Indonesia. Anggota Menwa adalah sekumpulan mahasiswa yang memiliki idealisme murni tentang nasionalisme. Korps Menwa Universitas Almuslim adalah bagian dari pada resimen mahaisiswa Indonesia yang telah terjiwai dengan roh semangat berbangsa dan bernegara.Dasar pembentukan susunan pengurus unit kegiatan khusu (UKK) resimen mahasiswa mahadasa kompi B Universitas Almuslim adalah nilai nilai sejarah perjuangan bangsa untuk mewujudkan segala cita cita tersebut maka resimen mahasiswa sebagai salah satu unit kegiatan yang berada dalam lingkungan Universitas Almuslim dengan maksud tersebut resimen mahasiswa satuan 103 Universitas Malikussaleh mengepakkan sayapnya ke Universitas Almuslim sebagai bagian daripada resimen mahasiswa Indonesia yang menjadi kompi B.  Dengan SK Rektor No: 511/SK-Unimus/KM.2008.

 

UKM PENCAK SILAT

 UKM Pencak Silat merupakan sebuah UKM cukup aktif melaksanakan latihan di kampus induk bersama sama dengan UKM Kempo. UKM yang mempunyai Motto :’’ Untuk Menumbuhkembangkan Kesetiakawanan Dalam Menyalurkan Bakat dan Seni Bela Diri”

-          Mengembangkan potensi dan Menjadi seni beladiri sebagai olah raga yang berguna untuk sehat jasmani dan rohani yang sportif.

UKM ini sekarang di jabat oleh Ketua: Zulfikar dan Sekretaris: M. Heri

 

UKM KSR PMI UNIT 01

Latar Belakang

UKM-KSR adalah sebuah organisasi yang bertindak dibidang kemanusiaan. UKM-KSR dibentuk pada tanggal 27 Mei 2007 oleh mahasiswa yang telah mendapat ilmu KSR-PMI  dasar dari PMI Cabang Bireuen. Oleh karena itu, tujuan didirikan UKM-KSR Unit adalah untuk mencari bibit baru yang mau memberikan segenap kemampuan atau tenaga mereka untuk membantu masyarakat yang membutuhkan terutama pada saat bencana, bibit-bibit baru yang mau bergabung dengan UKM-KSR akan terus dibina, dididik dan ditransfer ilmu pertolongan pertama dan cara bersosialisasi dalam masyarakat, sehingga mereka sipa untuk memberikan bantuan kepada masyarakat-masyarakat yang membutuhkan dengan maksimal.

 Apa Itu KSR

KSR    adalah suatu unit kegiatan dimana didalamnya berkecampung mahasiswa-mahasiswa yang  telah dididik, baik fisik maupun mental mereka untuk selalu memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan tanpa membedakan, baik dia miskin, kaya, islam atau non islam, karena anggota KSR berpegang kepada “Kita Semua Saudara”. Oleh karea itu anggota KSR akan selalu membantu masyarakat dengan ikhlas tanpa mengharap imbalan dan juga anggota-anggota KSR siap membantu kapan saja diperlukan.

 Kapan Berdiri KSR

KSR PMI Unit berdiri pada tanggal 29 Mei 2007, dengan SK Rektor No. 150 KM 2008

 

UKM ALASKA

“Guratan Tentang Kami”

Salam Lestari

Salam yang selalu akan terus bergaung dipenjuru bumi demi kelestarian alam dan lingkungan ini.

           Setiap pertemuan pasti memiliki sebuah pengharapan mencapai sebuah tujuan, terlepas itu dengan motif ekonomi,politik atau hanya sebatas pertemanan dan persaudaraan,..begitu juga dengan kami, berbekal dengan sebuah persamaan hobi dan minat bakat dalam kegiatan olahraga alam bebas semua perbedaan diantara kami hilangkan menuju sebuah pencapaian tujuan yaitu penempaan fisik dan mentalitas di alam bebas.. tanggal 17 Agustus 2005, dipulau Weh Sabang di puncak Gunung Cot Kuyuen dikelilingi oleh Danau Aneuk Laot maka berdirilah sebuah organisasi yang bergerak dalam penempaan potensi dan pengembangan kreatifitas mahasiswa dalam bidang olahraga alam bebas serta sebagai organisasi pejuang lingkungan dengan nama Jeumala ( Jeumpa Pecinta Alam.)

           Bumi terus berotasi mengikuti porosnya, begitu juga Jeumala terus bermetamorfosis mengikuti dinamika kehidupan oragnisasi kampus, seperti kepompong yang terus menjelma menjadi kupu-kupu yang akan siap terbang, maka melalui rapat anggota pada tanggal 10 Agustus 2006, jeumala mengubah nama menjadi Alaska (Aneuk Alam Sayang Lingkungan)

 Persahabatan terjalin, Persaudaraan terengkuh, Bersama Mengukir Cinta Kepada Alam menjadi filosofi kami dalam menggapai segala kegiatan kami, kami sadar bahwa kami masih sangat muda dan kontribusi kami selama ini masih sangat minim, namun selama sang Khalik masih memberikan kami kekuatan dan semangat untuk terus berkarya, dan selama tidak melangkahi sang Pencipta kami akan terus mengukir prestasi dan kreatifitas. Terima kasih kepada seluruh reka-rekan terutama Dewan Pembina dan Pihak Rektorat yang telah senantiasa memberi dukungan atas segala kegiatan kami. Kepada seluruh reka-rekan anggota Alaska tetap komit dan semangat. Lakukan itu, walaupun kecil tapi bermakna.

 

Nama Lembaga                      : Unit Kegiatan Mahasiswa Pecinta Alam Dan Lingkungan Hidup (UKM PA LH) Aneuk Alam Sayang Lingkungan (ALASKA)

 Waktu Berdiri                         : 17 Agustus 2005

Tempat Deklarasi                   : Pulau Weh-Sabang, Aceh

Alamat                                    : Kompleks Universitas Almuslim Peusangan Bireuen

                                                 Email :This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Visi & Misi                              :

 

Visi UKM PA-LH ALASKA

Menciptakan rasa cinta alam dan lingkungan dalam diri mahasiswa dan anggota serta menumbuhkembangkan kesadaran dalam menjaga kelestarian lingkungan menuju masyarkat sadar lingkungan

 

Misi UKM PA-LH ALASKA

1.    Menciptakan mahasiswa yang cinta kepada lingkungan sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa

2.    Mengembangkan potensi dan kreatifitas anggota dalam bidang olahraga alam bebas

3.    Meningkatkan kesadaran terhadap pentingnya menjaga kelastarian alam dan lingkungan

4.    Berperan aktif dalam mejaga kelestarian lingkungan sesuai dengan visi Aceh Green

 

Dewan Pembina                      : 1. Muslim M.Si (Pembina Utama)

                                                  2. Iqbal Tawakkal S.STP.M.Eng (Pembina Minat Bakat)

                                                  3. Khalil As’ari S.Pdi (Pembina Bidang Organisasi)

Dewan Perintis UKM PA LH ALASKA

1.    Iqbal (STMIK)

2.    Martunis (DIII AMIK)

3.    Ferry Ramadhan (DIII AMIK)

4.    Magfirah (DIII AMIK)

5.    Ery Suharman (STMIK)

6.    Eka Nofa Rita (STMIK)

7.    Hafni (STMIK)

8.    Muchyid (D II PGSD)

9.    Suryadi (FKIP Geografi)

 

 

 

LPPM Universitas Almuslim

PROFIL LPPM UNIVERSITAS ALMUSLIM

I.    Penelitian
Pengelolaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat Universitas Almuslim, Matangglumpangdua, Kabupaten Bireuen-Provinsi Aceh ditangani oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

A.    Kebijakan Pengelolaan Penelitian
Berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Almuslim Nomor: 236/SK/Unimus/KL. 2011 tentang pembentukan LPPM menjelaskan bahwa Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) mempunyai tugas pokok di bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, yaitu menyusun pedoman penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, mengembangkan kemampuan tim dalam bekerja sesuai dengan tuntutan, dan hal-hal lain yang diperlukan untuk kelancaran penilaian angka kredit Universitas Almuslim.

Visi LPPM sebagai wadah terdepan dalam pengembangan intelektual, riset dan pengabdian masyarakat berbasis potensi dan sumber daya lokal dalam rangka mewujudkan Universitas Almuslim sebagai perguruan tinggi yang profesional, unggul, dan islami.

Misi LPPM adalah sebagai berikut:
1.    Meningkatkan budaya riset dan pengabdian IPTEK kepada masyarakat berbasis sumber daya lokal.
2.    Menghasilkan penelitian berkualitas yang berdampak pada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3.    Mengembangkan program-program pengabdian kepada masyarakat agar dapat berdampak dan dirasakan masyarakat secara luas.
4.    Mendiseminasikan hasil penelitian baik melalui jurnal terakreditasi, media, seminar, dan workshop.
5.    Mengembangkan pusat kajian akademik melalui penelitian dan diskusi.
6.    Membangun kerjasama dengan lembaga-lembaga riset, baik lokal, nasional, maupun internasional.

Visi dan misi ini termuat dalam renstra LPPM Universitas Almuslim. Selain itu, di dalamnya juga memuat beberapa tahapan pencapaian tujuan serta strategi yang ingin dicapai dalam lima tahun ke depan. Untuk mencapai tahapan yang telah direncanakan, LPPM melakukan beberapa strategi:
(1)    Strategi untuk Mencapai Tumbuhnya Minat dan Motivasi Dosen Dan Mahasiswa Untuk Melakukan Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat.
(2)    Strategi untuk Terciptanya Kemampuan dan Ketrampilan Profesional Dosen dan Mahasiswa Melakukan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
(3)    Strategi untuk Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Kegiatan Ilmiah, Diskusi, dan Seminar.
(4)    Strategi untuk terciptanya desiminasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.
(5)    Terciptanya kerjasama dengan instansi pemerintah, BUMN, dan Industri.
(6)    Terciptanya Pengelolaan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Secara Transparan, Akuntabel dengan Landasan Kebijakan Serta Aturan yang Jelas.

LPPM Universitas Almuslim memiliki renstra yang memuat visi, misi, dan tahapan pencapaian tujuan serta strategi yang ingin dicapai dalam lima tahun ke depan. Untuk mencapai tahapan yang telah direncanakan, LPPM melakukan beberapa strategi:
(1)    Strategi untuk Mencapai Tumbuhnya Minat dan Motivasi Dosen Dan Mahasiswa Untuk Melakukan Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat.
(2)    Strategi untuk Terciptanya Kemampuan dan Ketrampilan Profesional Dosen dan Mahasiswa Melakukan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.
(3)    Strategi untuk Peningkatan Kuantitas dan Kualitas Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Kegiatan Ilmiah, Diskusi, dan Seminar.
(4)    Strategi untuk terciptanya desiminasi hasil penelitian dan pengabdian masyarakat.
(5)    Terciptanya kerjasama dengan instansi pemerintah, BUMN, dan Industri.
(6)    Terciptanya Pengelolaan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Secara Transparan, Akuntabel dengan Landasan Kebijakan Serta Aturan yang Jelas. 


Sejak tahun 2011 LPPM Universitas Almuslim telah melaksanakan Program Penelitian Hibah Internal Dosen Universitas Almuslim yang didanai universitas. Dalam melaksanakan Program Penelitian Hibah Internal, LPPM melakukan seleksi terhadap para reviewer baik internal maupun eksternal yang memiliki tugas dalam menyeleksi proposal. Tim reviewer internal ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor: 616.a/SK/Unimus/PG.2011, sedangkan tim reviewer eksternal ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Rektor Nomor: 343.a/SK/Unimus/PG.2013.

B.    Agenda Penelitian
Skim penelitian hibah internal dengan pendanaan dari Universitas Almuslim hanya pada Penelitian Dasar. Program Penelitian ini dilaksanakan di awal tahun yang dilakukan selama satu tahun akademik, dimulai dari undangan/ tawaran penelitian, proposal disahkan dekan, proposal masuk LPPM, seleksi proposal, pengumuman hasil seleksi, penandatanganan kontrak, pelaksanaan penelitian, penyerahan hasil penelitian, dan seminar hasil penelitian.
LPPM memiliki Buku Panduan Pedoman Penelitian Hibah Internal Dosen Universitas Almuslim Tahun 2012 sebagai pedoman bagi dosen dalam membuat proposal dan laporan hasil penelitian.

Berbeda halnya dengan skim penelitian hibah eksternal di mana prosedur, waktu, seleksi, dan tahapan penelitian disesuaikan dengan agenda dari pihak eksternal, sebagai institusi yang memberi dana seperti Kemenristek Dikti, Kementan, pihak pemerintah maupun pihak swasta. Skim penelitian dengan pendanaan eksternal terdiri atas:
(1) Penelitian Dosen Pemula  
(2) Penelitian Fundamental
(3) Penelitian Hibah Bersaing
(4) Penelitian Disertasi Doktor
(5) Penelitian Prioritas Nasional MP3EI
(6)  Penelitian Unggulan Strategis Nasional
(7) Penelitian Kerjasama Antar Perguruan Tinggi (Hibah Pekerti)
(8) Ristek
(9) Penelitian Kerjasama Antara Universitas, Pemerintah Daerah, dan Universitas di Luar Negeri
(10) Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bireuen dan Aisyiah Bireuen
(11) Penulisan buku dengan pendanaan Penerbit Nasional
(12) Fakultas Ekonomi Unirversitas Indonesia Katolik  ATMAJAYA.

C. Pedoman Penyusunan dan Pelaksanaan Penelitian
LPPM secara kontiniu berkoordinasi dengan wakil Rektor I dalam melakukan sosialisasi dan koordinasi kegiatan penelitian kepada para dosen, Ketua Program Studi, dan Dekan. LPPM menginformasikan kepada para dosen baik melalui surat, informasi di  papan pengumuman LPPM, email, web Almuslim dan sms setiap adanya informasi skim hibah penelitian dari universitas maupun dari pendanaan eksternal. Bagi pengusul proposal penelitian hibah internal yang proposalnya lolos seleksi maka akan tersedia dana penelitian internal yang telah dialokasikan dalam rencana operasional universitas. Proposal diseleksi oleh para reviewer internal dari Universitas Almuslim dan eksternal dari beberapa universitas di Sumatra dan Pulau Jawa yang terdiri atas dosen-dosen yang sesuai dengan bidang keilmuan dan keahliannya. Kriteria untuk menjadi reviewer adalah berpendidikan minimal S2 (Lektor), berpengalaman di bidang penelitian, minimal telah melakukan penelitian 3 (tiga) kali (dari sumber lain bukan mandiri), bersedia dan mengisi form pernyataan kesediaan menjadi juri, bersedia menyelesaikan tugas sebagai tim juri proposal dan laporan kegiatan penelitian dalam waktu yang ditentukan.

D. Pendanaan Penelitian
Universitas Almuslim telah melaksanakan semangat Tri Dharma perguruan Tinggi dalam meningkatkan penelitian melalui pengalokasian dana penelitian setiap tahunnya, yaitu melalui Penelitian Hibah Internal Dosen Universitas Almuslim. Hibah internal ini dikompetisikan pada tingkat universitas. Di samping adanya dana dari universitas, LPPM proaktif dalam mencari peluang hibah dari pendanaan eksternal, seperti dari Kemendikbud, Kementan, Kemenristek, pemerintah daerah, pendanaan internasional maupun pihak swasta. Informasi hibah yang diketahui LPPM  semuanya diinformasikan dan disosialisasikan ke dosen-dosen.

E. Perkembangan penelitian
Perkembangan penelitian di Universitas Almuslim pada kurun waktu tiga tahun terakhir (2011-2014) menunjukkan kemajuan yang signifikan. Perkembangan ini ditunjukkan dengan sejumlah prestasi yang diraih para dosen dalam perolehan hibah penelitian internal maupun eksternal.  Jumlah dosen yang memperoleh hibah internal dan hibah eksternal khususnya skim penelitian hibah dari Kemendikbud mengalami peningkatan. Demikian juga dengan jumlah proposal yang dihasilkan setiap tahunnya mengalami peningkatan, terutama pada jumlah proposal yang diajukan ke Kemendikbud untuk pendanaan 2014 dengan skim penelitian seperti Hibah Dosen Pemula, Hibah Pekerti, Hibah Bersaing, Hibah Fundamental, dan Penelitian Prioritas Nasional Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Proposal penelitian MP3EI yang diajukan tim peneliti/ dosen Universitas Almuslim tentang kajian penggunaan briket batu bara di Aceh Barat menjadi satu-satunya proposal yang berasal dari Kopertis Wilayah I, Aceh dan SUMUT yang dikompetisikan secara Nasional tahun 2014.

F. Kebijakan agenda penelitian

Kebijakan agenda penelitian telah tertuang dalam Renstra LPPM. Pada renstra ini memuat visi, misi, tujuan, dan tahapan pencapaian tujuan serta strategi yang ingin dicapai oleh Universitas Almuslim secara berkesinambungan, dalam mengembangkan dan membina jejaring dan kerjasama penelitian, dan pencarian berbagai sumber dana penelitian baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

LPPM proaktif dalam membangun tradisi ilmiah melalui penyelenggaraan berbagai forum-forum ilmiah seperti seminar dan kuliah umum baik tingkat regional, Nasional maupun internasional, lokakarya pelatihan metodologi penelitian, diskusi publik, bedah buku, sosialisasi HKI, pemutaran film dokumenter, pelatihan penulisan karya ilmiah, dan pameran buku. Penyelenggaraan forum-forum ilmiah ini merupakan strategi untuk menjamin keberlanjutan dan dinamika keilmuan. Menjadi hal fenomenal, dengan dana operasional yang terbilang sedikit, penyelenggaraan forum ilmiah yang dilakukan LPPM Universitas Almuslim menduduki jumlah terbanyak dibandingkan dengan kegiatan yang dilakukan seluruh universitas swasta maupun negeri yang ada di Provinsi Aceh (Rekapitulasi Hasil Evaluasi Kinerja Lembaga Penelitian, Dikti Juli 2013). Dalam menyelenggarakan kegiatan ilmiah LPPM berpedoman pada SOP.

More Articles...